Tujuh Siswi SMK 3 Menari di Malaysia

924

MAGELANG—Tujuh siswi SMKN 3 Kota Magelang yang tergabung dalam Tim Duta Promo Budaya, Rabu (6/9) besok, akan berangkat ke Malaysia. Mereka dan tampil pada ajang Promotion Food and Culture Indonesia di Ramada Plaza Malaysia. Tujuh siswi itu akan membawakan 20 jenis tarian Nusantara.

Guru Tari SMKN 3 Kota Magelang, Wiwit Prasetyani, Senin (4/9) kemarin mengatakan, tujuh siswi tersebut akan berada di Malaysia selama 21 hari. Duta Promo Budaya SMKN 3 Kota Magelang, menurut Wiwit, mendapatkan undangan dari panitia Promotion Food and Culture Indonesia.

“Tim akan berangkat pada 6 September besok dan berada di Malaysia hingga 27 September. Mereka yang berangkat merupakan hasil seleksi dari 140 siswa.

Wiwit menjelaskan, tujuh siswi yang terpilih, telah diseleksi secara ketat. Setelah terpilih, mereka diberi pelatihan khusus untuk menguasai tari yang akan dipentaskan. “Kebetulan yang terpilih juga anak tari. Jadi latihan lebih mudah.”

Tarian yang akan dipentaskan, antara lain, Tari Gambyong, Batik, Semarangan dan Tari Indang (Sumatera). Juga Lancang Kuning (Riau), Tari Enggang (Kalimantan), Tari Belibis (Bali) dan Tari Gethuk (Magelang).

Tujuh siswi yang akan berangkat adalah Ratri Puput XII (Jurusan Kecantikan Kulit), Widiastuti XII (Boga 1), Yuli Astuti XI (Busana 3), dan Anindya Febi Ayu XI (APH 1). Juga Dika Dwi Cahyaningrum XI (Busana 1), Lutfhi Adi P XI (Boga 2) dan Fega Bintang Tesalonika X (Busana 1). (cr3/isk)