alexametrics

Rumah Warga Muktiharjo Terbakar, Warga Sempat Panik karena Dengar Empat Kali Ledakan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Empat kali ledakan terdengar dari sebuah rumah di Perumahan Dempel Baru, Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan, Minggu (14/11/2021) sekitar pukul 07.30.

Karuan saja, suara ledakan di pagi hari itu menggegerkan warga perumahan padat penduduk tersebut. Belakangan diketahui, suara ledakan itu diduga akibat tabung gas di rumah Satria Budi Kurniawan, 37, yang terbakar setelah tersulut percikan korsleting arus listrik.

Peristiwa itu terjadi saat rumah kosong. Satria dan istrinya sedang pergi ke Jalan Gajah, Gayamsari. Tiba-tiba warga sekitar mendengar suara ledakan keras bersumber dari rumah Satria.

“Tiba-tiba ada ledakan keras empat kali. Tapi, pemilik rumah sedang cari sarapan ke daerah Masjid Agung Jateng sekalian jalan-jalan,” kata Ketua RT 6 RW 16 Agus Ariyanto kepada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (14/11/2021).

Baca juga:  Main Hujan-Hujanan, Kakak Beradik di Semarang Hanyut Terseret Arus Selokan

Warga pun langsung menghubungi Satria yang saat itu baru sampai di traffic light SPBU Arteri Soekarno-Hatta.  “Pak Satria langsung ditelepon warga, suruh pulang,” ujarnya.

Sambil menunggu pemilik rumah datang, warga yang melihat kepulan asap keluar dari celah rumah Satria langsung bertindak cepat. Pintu rumah dibuka paksa. Saat itu, kobaran api sudah memenuhi dapur. Warga bergotong royong memadamkan api dengan alat seadanya.  Warga juga berinisiatif melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang.

Tak berselang lama, tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Akhirnya, kobaran api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.00.  “Lokasinya di perumahan padat. Untung tidak merambat ke kanan kiri. Tetangga sebelah juga panik. Ada sebagian yang sudah mengeluarkan barang-barangnya,” katanya.

Baca juga:  Geger Penemuan Mayat Perempuan Terbungkus Sarung di Bawah Jembatan Tol, Duduga Korban Pembunuhan

Dugaan sementara, kebakaran disebabkan korsleting listrik di bagian dapur. Percikan api itu lantas menyambar kompor dan tabung gas hingga menimbulkan ledakan. “Suara ledakan itu dari tabung gas. Pak Satria pakai kompor gas, cuma sudah lama tidak terpakai,” jelasnya.

Adapun barang-barang yang hangus terbakar, antara lain kulkas, mesin cuci, kompor, magic com, dan perabot dapur lainnnya. Kerugian korban diperkirakan mencapai Rp 25 juta.

“Dia (korban) penjual sembako. Alhamdulillah waktu kejadian persediaan sembako sudah habis (terjual) semua,” katanya. (mha/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya