alexametrics

Hujan Angin, Atap RA Islamiyah Ngaliyan Ambrol

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang — Sebanyak 70 siswa Raudhatul Atfhal (RA) Islamiyah terpaksa kembali belajar secara online. Sebab, atap bangunan sekolah yang berlokasi di Jalan Kauman RT 1 RW 10, Kelurahan Podorejo, Ngaliyan, Kota Semarang mengalami ambrol, Sabtu (30/10/2021) sekitar pukul 12.00.

Kepala RA Islamiyah, Sofrotun mengatakan, atap yang ambrol itu terbuat dari galvalum dengan kerangka baja ringan. Luasnya kurang lebih 100 meter persegi, dengan ketinggian sekitar empat meter.

Saat kejadian, sudah tidak ada aktivitas pembelajaran. Hanya ada empat guru sedang rapat bersama kepala sekolah di bangunan tersebut. Beruntung, semuanya selamat. “Sebenarnya ada lima guru, tapi yang satu sedang keluar membeli air mineral,” katanya.

Baca juga:  Kebakaran di RSUP dr Kariadi, Titik Api dari Ruang Rekam Medik

Dikatakan, sebelum atap ambrol, hujan deras mengguyur sekitar pukul 11.00. Namun hujan tidak disertai angin kencang. “Rapat sempat berhenti, kemudian dilanjutkan lagi,” katanya.

Sekitar satu jam kemudian, hujan deras disertai angin kencang. Saat itu, para guru melihat tiang tengah penyangga atap baja mengalami bengkok. Hingga akhirnya tidak kuat menahan, dan atap ambrol.

“Tiba-tiba terdengar bunyi kretek-kretek. Lalu, pada berlarian menyelamatkan diri. Saya panik, lari ke gedung SMP di sebelah, minta bantuan guru-guru SMP,” bebernya.

Selain atap ambrol, bangunan di sebelah utara juga roboh sepanjang kurang lebih 10 meter. Padahal tembok tersebut baru selesai dilukis siswa menghabiskan biaya sekitar Rp 2,5 juta.

Baca juga:  Bus Tiara Mas Terguling di Tol Batang-Semarang, Satu Penumpang Tewas, 17 Terluka

“Kalau dijumlah semua, kerugiannya sekitar Rp 35 juta. Sementara ini, aktivitas pembelajaran kembali lewat online,” katanya.  (mha/aro)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya