60 Anak TK Antusias Belajar Padamkan Api

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Puluhan murid TK PGRI 20 Bulustalan mendapat pelatihan penanganan kebakaran di kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang. Kesiapsiagaan bencana sangat penting diajarkan sejak usia dini agar ke depan anak-anak tersebut tidak panik dan tahu cara bertindak saat terjadi bencana, khususnya kebakaran.

Ada 60 anak yang mengikuti pelatihan. Mereka terlihat sangat antusias. Apalagi saat diajak naik mobil pemadam dan praktik memadamkan api. “Seru, tadi kena air, bermain air. Tadi makai baju pemadam, naik mobil kebakaran muter-muter, dan diajari memadamkan api,” kata Nizam dan Queen, murid TK PGRI 20 Bulustalan, bersautan.

Kepala TK PGRI 20 Bulustalan, Sri Lestari, menjelaskan, pengenalan dan pelatihan pemadaman kebakaran ini sangat penting untuk anak-anak usia dini. Agar mereka tahu bersikap saat terjadi bencana.

Staff Bidang Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Siswanto, menambahkan, upaya antisipasi dan mengurangi dampak kebakaran bisa diajarkan sejak dini. “Karena ini anak-anak, pendekatannya dilakukan dengan fun agar materi sosialisasinya bisa diterima dengan mudah,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang digelar Rabu (21/9) kemarin, para siswa dikenalkan dengan profesi damkar, meliputi alat pelindung diri (APD). Setelah itu, menonton kartun Sopo Jarwo tentang damkar, lalu foto menggunakan seragam APD. “Anak-anak juga kami ajak keliling dengan mobil damkar, lalu menyemprot api di tong dan ada hujan-hujan,” ujarnya.

Diakuinya, sosialisasi ini sempat vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19. “Baru ada kunjungan ini, disesuaikan juga. Kalau anak-anak gini kan banyak mainnya,” tuturnya. (fgr/zal)



Baca artikel dan berita terbaru di Google News

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya