alexametrics

SMPN 37 dan 39 Sekolah Ramah Anak, Konsisten Terima Siswa Inkulasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pihak SMPN 37 dan SMPN 39 mendapat penghargaan sekolah ramah anak dari Dinas Sosial (Dinsos) dan Yayasan Anantaka atas konsistensinya menerima siswa inklusi.

Kepala Sekolah SMPN 39 Agusalim mengaku, pihaknya sudah menerapkan sekolah ramah anak sejak 2019. Mulai dari sistem pembelajaran hingga fasilitasnya. Saat ini masih ada tiga siswa inkulasi yang perlu penanganan khusus. Yakni autis, slow learner, dan cerbral palsy.

“Semoga ini menjadi dorongan untuk kita agar terus membantu dan membimbing anak-anak yang berkebutuhan khusus. Terutama yang menjadi binaan dari Dinsos dan Pemkot Semarang,” jelasnya usai menerima apresiasi di aula SMPN 39, Kamis (30/6).

Ia menambahkan, pihaknya berkomitmen memberi pendampingan khusus dalam pembelajaran anak inklusi. Selain itu pihaknya juga memberikan perhatian lebih dengan pelayanan home visit.

“Ketika ada anak yang tidak masuk sekolah dalam rentang waktu empat hari berturut-turut, kami akan melakukan home visit untuk melihat bagiaman keadaan keluarganya, ekonominya, serta permasalahan yang mengganggu. Kita akan mencari solusi sama-sama,” tambahnya.

Baca juga:  Tanam Ribuan Pohon Langka dan Lepas Berbagai Jenis Burung

Sementara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPN 37 Endah Nugroho Wati berkomitmen akan terus melakukan perbaikan pembelajaran untuk siswa inklusi.

“Tentu kami sangat senang karena dari Dinsos dan Yayasan Anantaka telah mempercayakan kami untuk mendidik anak-anak inklusi. Sehingga mereka bisa merasakan pendidikan seperti siswa lainnya,” akunya.

Sementara Direktur Yayasan Anantaka Tsaniatus Solihah mengatakan, pihaknya akan memberikan pelayanan pada anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus. Terutama untuk anak jalanan dan kaum miskin di perkotaan. Sehingga mereka yang pernah drop out dari sekolah bisa kembali mengenyam pendidikan.

Alhamdulillah SMPN 39 ini merupakan sekolah yang luar biasa. Mereka punya komitmen, kerja sama, serta memberikan fasilitas yang bagus terhadap siswa inklusi,” paparnya. (kap/zal)

Baca juga:  SMPN 38 Semarang Latih Jurnalis Cilik

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya