alexametrics

SMPN 3 Semarang Siap Terima 48 Siswa Kelas Khusus Olahraga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Kota Semarang siap menerima 48 siswa kelas khusus olahraga (KKO). Seleksi dilakukan secara offline di GOR Manunggal Jati.

Kepala SMPN 3 Kota Semarang Erwan Rachmat mengatakan, pendaftaran dilakukan pada 18-27 April melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Semarang.

“Tahapan seleksi dilihat dari bobot nilai kompetensi 70 persen, prestasi olahraga 15 persen, dan nilai gabungan 15 persen,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Pihaknya hanya menerima siswa program KKO dan mengajar di bidang akademik. Fokusnya hanya pada penanaman karakter siswa. Sementara yang mengarahkan seleksi serta pembelajaran olahraga lainnya dari Dispora bekerja sama dengan Unnes. Animo siswa yang mengikuti KKO pun sangat banyak. Ada 90 siswa yang mengikuti seleksi. Meliputi tes kemampuan fisik, psikolgi, dan bakat olahraga. “Ada 48 siswa KKO yang kami terima. Nantinya akan ditampung menjadi dua kelas,” akunya.

Baca juga:  Layanan Informasi untuk Karir Siswa

Ia menambahkan, ada tujuh cabang olahraga (cabor) yang akan diterima. Yakni atletik, silat, tenis meja, panahan, voli, panahan, dan wushu. Bagi siswa yang mengikuti program KKO, kurikulum yang digunakan sama dengan siswa reguler. Hanya ada tambahan jam olahraga sesuai dengan cabor masing-masing.

“Mereka setiap pagi ada kegiatan sesuai dengan cabor masing-masing. Misalnya atletik di Tri Lomba Juang. Lalu pukul 09.00 mereka akan mengikuti KBM di sekolah, dan ada tambahan jam olahraga di sore hari,” tambahnya.

Pihaknya telah mempersiapkan pelaksanaan program ini baik dari SDM dan sarana prasarana lainnya. Yakni dengan melakukan studi banding ke SMPN 1 Solo yang memiliki program KKO.

Baca juga:  SMA Teuku Umar Juara 2 lomba Teknik Sepeda Motor

“Kami siap untuk menampung siswa program KKO. Harapannya kelas ini mampu mengangkat prestasi olahraga baik di Kota Semarang, provinsi, nasional, dan internasional,” pungkasnya. (kap/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya