alexametrics

Sambut Dies Natalis ke-57, Unnes Luncurkan Rumah Inovasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Menyambut puncak acara Dies Natalis ke-57, Universitas Negeri Semarang (Unnes) meresmikan Rumah Inovasi dan Pameran Produk Inovasi, Selasa (7/6). Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman membuka secara langsung, peluncuran rumah inovasi sekaligus pameran produk inovasi pada 7-10 Juni mendatang.

Prof Fathur menjelaskan, peluncuran rumah inovasi sekaligus pameran produk inovasi yang telah dihasilkan oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa merupakan bukti nyata buah hasil pemikiran penelitian dan pengabdian civitas akademika Unnes kepada masyarakat.

“Inovasi menjadi kunci dalam perguruan tinggi. Dengan inovasi, perguruan tinggi akan cemerlang. Tentu Unnes juga akan cemerlang, karena sudah menghasilkan inovasi-inovasi yang kebermanfaatannya digulirkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia menambahkan, Rumah Inovasi selaras dengan Unnes sebagai Rumah Ilmu Pengembang Peradaban sebagai spirit dalam mencapai visi Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.

Baca juga:  Awasi 7 Ribu Orang Asing di Jateng lewat Timpora

“Kita meyakini bahwa visi ini akan bisa tercapai ketika aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan keilmuan yang kita miliki dirasakan masyarakat. Jika ilmu itu dihilirkan melalui berbagai kegiatan penelitian, pengabdian, publikasi, invensi, dan inovasi sampai terasa kebermanfaatannya di masyarakat,” beber Prof Fathur.

Prof Fathur juga mengatakan, Rumah Inovasi merupakan upaya pihak kampus dalam membangun Unnes Eduwisata. Tujuan dikembangkannya, lanjut dia, agar memiliki manfaat lebih bagi masyarakat.

“Unnes juga unggul dalam keragaman bidang keahlian. Masing-masing fakultas memiliki keunikan yang dapat ditawarkan. Di Rumah Inovasi inilah peradaban fakultas di lingkungan Unnes terkait dengan keilmuan ada di Rumah Inovasi Unnes,” katanya.

Prof Fathur berharap, melalui Rumah Inovasi ini Unnes memposisikan diri dan menyatakan keikutsertaan sebagai pengembang peradaban, serta sebagai pencetak inovator-inovator andal yang hasil risetnya membawa kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia dan dunia.

Baca juga:  Tim SMPN 23 Semarang Juarai LKJS

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unnes Prof Dr H R Benny Riyanto SH MHum CN menjelaskan, melalui Rumah Inovasi inilah, diharapkan perguruan tinggi bisa memperhatikan kebutuhan masyarakat saat ini.

Dijelaskan, Rumah Inovasi Unnes berlokasi di gedung LPPM  lantai 1, memiliki ruang pameran yang modern dan representatif dalam mendisplay produk-produk inovasi unggulan.

“Luasan area lebih dari 500 m2. Area pameran inovasi dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu inovasi kriya dan fashion, inovasi pangan, inovasi pendidikan, inovasi di bidang saintek, bidang hukum, olah raga, inovasi  digital, seni humaniora dan inovasi di bidang industri,” jelasnya.

Ia mencontohkan, kategori kriya dan fashion ditampilkan inovasi unggulan dari rumah produksi Sekar Ayu Fakultas Teknik yang menampilkan produk fashion dan tekstil dengan teknik ecoprint.

Pada kategori inovasi pangan, beberapa produk pangan karya mahasiswa maupun dosen didisplay secara berurutan mulai dari produk pangan fungsional berbahan kedelai, produk unggulan dari KWU (Unit Kewirausahaan), dan produk unggulan dari inkubator bisnis yang beberapa di antaranya sudah diekspor ke beberapa negara.

Baca juga:  Sekolah di Semarang Mulai PTM Lagi

Pada kategori inovasi pendidikan, ditampilkan produk sertifikasi TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan sertifikasi profesi dosen oleh LP3, inovasi alat peraga matematika karya Prof Dr Isti Hidayah MPd, alat peraga tata surya khusus bagi tuna netra karya Dr Drs Sugiman BSc MSi dan beberapa alat praktikum serta berbagai buku terkait inovasi yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, serta masih banyak yang lainnya. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya