alexametrics

Enam Mahasiswa UDINUS Raih Juara Nasional

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Enam mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang berhasil meraih juara nasional di ajang Product Innovation Challenge. Mereka terbagi dua kelompok. Tim pertama terdiri Prian Cornelis Youse, Sofi Dwi Febriana dan Ahmad Thoriq dan berhasil meraih juara pertama dengan karyanya Smalerin 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Sementara juara kedua diraih Annisa Zenith Quamila, Faizal Latif dan Khoirul Annas dengan karya Jemuran Pengering (Jeping). “Desain Smalerin 3R berbentuk tumbler serta memiliki fasilitas lengkap seperti sedotan stainless steel dan cup double wall,” kata Ketua tim pertama Prian Cornelis Youse.

Cup double wall digunakan penyaring teh atau tempat menyimpan bubuk minuman. Dalam tumbler ada pemanas elektrik yang terdapat termometer, jam digital, dan tombol power untuk menghangatkan minuman. Selain itu, desain tersebut sekaligus sebagai upaya mengurangi sampah plastik. “Jika benar-benar diproduksi kami harap akan mampu mengurangi penggunaan sampah botol plastik,” tambahnya.

Baca juga:  Kasus PMK Meningkat, Tapi Stok Kurban Masih Aman

Dalam ajang tersebut mereka mengalahkan puluhan peserta dari seluruh Indonesia. Peserta wajib mengunggah karya melalui youtube dengan durasi maksimal 10 menit.

Anggota dari tim kedua Faizal Latif menuturkan fungsi dari produk Jeping digambarkan menempel pada dinding dan dilengkapi dengan pemanas. Ada tombol power, tombol led, tombol penggerak heater, dan jemuran. “Jemuran ini dapat  dikontrol ke atas dan ke bawah dengan tombol yang disediakan. Inovasi desain sebagai ide untuk membantu masyarakat mengeringkan pakaian saat musim hujan,” katanya.

Dosen Fakultas Teknik Udinus, Amalia bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya. Kemampuan mahasiswa Fakultas Teknik Udinus sangat mumpuni dan mampu bersaing. “Kami akan perbanyak program untuk mencetak bibit-bibit unggul agar mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” tambahnya. (kap/fth)

Baca juga:  Green Campus Unika Mijen Jadi Proyek Percontohan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya