alexametrics

110 Siswa Ikuti Khotmil Quran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 110 siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Bina Amal Semarang mengikuti Khotmil Quran dan Imtihan tahun akademik 2021/2022. Acara ini berlangsung di Aula Gedung Balai Kota Semarang, Minggu (29/5).

Semua siswa duduk berjejer rapi dengan mengenakan pakaian serba putih. Agenda rutin ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Pesertanya siswa yang telah menyelesaikan ujian EBTAQ Metode Qiraati.

“Bagi siswa-siswi yang mengikuti Khotmil Quran dan Imtihan ini tandanya sudah tiga kali melalui tahapan ujian baik dari sekolah, kecamatan, dan tingkat kota,” jelas Kepala SD IT Bina Amal Oktora Rahmat Santoso.

Puncaknya yaitu proses imtihan. Pada sesi ini, mereka akan diuji kemampuan ilmu Alquran dengan cara menjawab pertanyaan dari wali murid dan tamu undangan secara acak. Seusai menjawab, siswa diberikan penghargaan dari penanya.

Baca juga:  Disdik Semarang Tingkatkan Toleransi Agama lewat Lomba

“Saat imtihan ada delapan materi yang diujikan. Seperti fashohah, tartil, gharib, hafalan surat pendek, praktik wudhu, praktik salat, dan lainnya,” ungkap Wakil Kepala Sekolah Bidang Alquran Siti Roika.

Ia menambahkan metode yang digunakan dalam khatam Alquran adalah Qiraati. Metode ini lebih cepat dibandingkan dengan metode lain. Harapan dari Khtomil Quran ini, siswa dapat menguasai cara membaca Alquran sesuai dengan kaidah serta menjadikan anak memiliki karakter yang baik, mulai dari perilaku, kedisiplinan, sopan santun, dan memiliki budi pekerti yang baik. (kap/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya