alexametrics

IJIMS IAIN Salatiga Peringkat 1 se-Asia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS), jurnal ilmiah yang dikelola oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga berhasil menduduki peringkat pertama di Asia pada kategori kajian keagamaan/religious studies versi Scimago Journal & Country Rank (SJR). Predikat tersebut mengacu pada data yang dikeluarkan oleh SJR 11 Mei 2022.

IJIMS berhasil masuk Quartile 1 dengan skor 0.393. Dengan skor itu, IJIMS berhak menempati posisi ke-25 dari 595 jurnal ilmiah kategori kajian keagamaan yang ada di seluruh dunia.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali Ramdhani, eksistensi PTKI tidak hanya membangun peradaban di Indonesia tetapi juga peradaban dunia.

Baca juga:  Menuju UIN, IAIN Terus Tambah Guru Besar

“Artinya kontribusi ilmiah sivitas akademika PTKI terhadap pembangunan peradaban global sangat tinggi,” ujarnya.

Sedangkan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Prof Amin Suyitno menilai, jurnal ilmiah sebagai tolok ukur kualitas akademik perguruan tinggi, Baginya, Perguruan Tinggi yang berkualitas pasti bisa mengelola jurnal ilmiah yang bereputasi global.
“Pengelolaan jurnal ilmiah dan kualitas akademik itu berbanding lurus,” katanya.

Rektor IAIN Salatiga, Prof Zakiyuddin Baidhawy mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih oleh IJIMS, “Alhamdulillah, berkah dan pencapaian IJIMS ini tentu akan selalu kami syukuri. Prestasi ini akan kami pertahankan dan tingkatkan di tahun-tahun yang akan datang.”

Zakiyuddin menambahkan, keberadaan IJIMS dan jurnal PTKI di jajaran tertinggi daftar ranking adalah buah kerja sistematis dan kolaboratif yang tidak semata mengharumkan nama IAIN Salatiga tetapi juga berimbas pada nama baik PTKIN serta Kementerian Agama.

Baca juga:  Lilis Setyowati, Modal Niat dan Serius

“Saya harap hadirnya jurnal bereputasi internasional di IAIN Salatiga bisa membantu proses tersebut. Agar kelak ketika IAIN Salatiga bertransformasi menjadi UIN semua sumber dayanya sudah siap,” harapnya. (sas/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya