alexametrics

Terpilih Tiga Nama Calon Rektor Unnes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Tiga dari tujuh nama calon Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah mengerucut. Tiga nama ini dipilih setelah dilakukan rapat senat tertutup dan pemungutan, serta penghitungan suara yang dilakukan Rabu (18/5) kemarin. Ketiga calon rektor tersebut adalah Dr Amir Mahmud SPd MSi, Dr dr Mahalul Azam MKes dan Prof Dr S Martono MSi.

Menurut informasi yang dihimpun, tiga nama tersebut masing-masing mendapatkan enam suara, empat suara dan 52 suara. Sebelumya, para bakal calon (balon) rektor menyampaikan paparan visi, misi, dan program kerja. Ini merupakan tahap penting untuk penyaringan calon rektor, setelah dilakukan penjaringan aspirasi.

“Pada tahap penyampaian visi, misi, dan program kerja dibagi menjadi dua sesi yang dihadiri seluruh anggota Senat Unnes sebanyak 65 orang. Tujuh bakal calon ini merupakan putra-putra terbaik Unnes yang memiliki prestasi akademik luar biasa” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unnes periode 2022-2026  Muhammad Azil Maskur SH MH, Rabu (18/5).

Baca juga:  Kelurahan Kandri Optimalkan Urban Farming untuk Jogo Tonggo

Ia menjelaskan, masing-masing bakal calon rektor memaparkan visi dan misi masing-masing. Dr Amir Mahmud SPd MSi mengusung visi Mewujudkan Education Mover Menuju Kecemerlangan Pendidikan Berkelas Dunia Berwawasan Konservasi.

Sementara, Dr Hendi Pratama SPd MA mengusung visi Building Academic Playgrounds for Unnes. Dr dr Mahalul Azam MKes memaparkan tentang Unnes CENDEKIA (Conservation, Excellent International Reputation, Nasionalism, Digital Smart Campus, Equity, Knowledgeable, Innovation, Academic Integrity).

Bakal calon Prof Dr S Martono MSi mengusung visi Membangun Unnes untuk Masa Depan Indonesia dan Dunia. Prof Dr Subyantoro MHum mengusung visi Unnes OPTIMA, (Organisasi Pembelajar, Prima dalam Pelayanan, Transformasi berkelanjutan, Inovatif Memacu Produktivitas, Mandiri Mewujudkan Kesejahteraan, Adaptif terhadap Perubahan).

Baca juga:  Hening Libatkan 25 Pelukis dan 30 Karya

Prof Dr Wasino MHum mengusung visi Membangun Jembatan Emas  dalam Transisi Unnes dari Tata Kelola BLU menjadi PTNBH yang Mandiri, Berkelas Dunia dan Berwawasan Konservasi. Sementara, Dr Wirawan Sumbodo MT mengusung visi Membangun Unnes Unggul Berkelas Dunia.

“Rapat pemaparan visi, misi, dan program kerja bakal calon rektor ini guna menjadi bahan anggota senat memilih calon rektor untuk empat tahun mendatang. Kami sudah mendengar dan mempelajari visi, misi, dan program yang diusung para bakal calon, dan memilih tiga nama,” jelas Ketua Senat Unnes Dr Ir Sucipto MT IPM.

Proses selanjutnya, kata dia, tiga calon rektor tersebut akan diajukan ke Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sementara untuk pemilihan suara yang dilakukan kemarin dihadiri oleh 65 anggota. Dari 65 anggota keseluruhan dinyatakan sah.  “Alhamdulillah dari 65 anggota Senat Unnes secara keseluruhan hadir semua dan suara yang masuk semua sah,” katanya.

Baca juga:  Simbah Noli Jaga Kondusivitas Warga Gisikdrono

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum berharap terpilihnya rektor baru nantinya akan menjadi rektor yang bisa melajutkan perjuangan yang ada, dan membawa Unnes lebih maju. “Dengan memilih rektor terbaik, bukan saja memastikan visi misinya dilaksanakan secara berkelanjutan. Lebih dari itu, memastikan tata kelola Unnes dapat dilaksanakan secara sehat sesuai peraturan perundang-undangan,” tuturnya. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya