alexametrics

Kota Semarang Bakal Tambah Sekolah Gratis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) pada tahun 2023 mendatang akan menambah jumlah sekolah gratis. Terutama pada sekolah swasta demi meringankan beban masyarakat di bidang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang Gunawan Saptogiri menjelaskan, komitmen Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang akan menambah sekolah gratis di lembaga pendidikan termasuk di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

“Sayangnya anggarannya tebatas untuk memberikan subsidi. Nah Pak Wali Kota sebenarnya ingin semua dicakup, misalnya di bawah Kemenag seperti, MI, MTs, dan lainnya,” katanya Senin (11/4).

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang ini menjelaskan, saat ini sudah ada 104 sekolah swasta gratis baik TK, SD, maupun SMP. Dia memastikan, akan ada tambahan sekolah swasta gratis pada 2023. Namun terkait jumlahnya, Gunawan belum bisa membeberkan secara detail. “Kami tetap menambah sekolah gratis pada 2023, ada beberapa M.Ts yang masuk,” ucapnya.

Baca juga:  Jadikan Pesantren sebagai Wadah Menyampaikan Pesan Perdamaian

Agar bisa digandeng Pemkot Semarang, Gunawan menjelaskan, jika sekolah swasta harus memenuhi beberapa persyaratan, misalnya harus diverifikasi oleh Disdik, terkait akreditasi dan lainnya. Selain itu, sekolah harus membuat surat pernyataan agar tidak menarik biaya kepada peserta didik.

“Kalau sudah digandeng, sekolah tidak boleh memungut biaya tambahan. Nah semakin banyak sekolah gratis, harapannya anak putus sekolah bisa berkurang,” tambahnya.

Anggaran yang digelontorkan untuk sekolah gratis, kata dia, berbeda setiap tingkatan. Misalnya untuk TK mendapatkan Rp 1,2 juta per siswa per tahun untuk jenjang TK. Sedangkan jenjang SD, Disdik menganggarkan Rp 1,5 juta per siswa per tahun.

“Untuk anggaran jenjang SMP sebesar Rp 1,8 juta per siswa per tahun. Disdik juga ada progam beasiswa bagi anak yang berprestasi ataupun yang kurang mampu,” tuturnya. (den/ida)

Baca juga:  2022, Anggaran Penanganan Banjir Rp 100 M

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya