alexametrics

UIN Walisongo Dorong Pejabat Jadi Profesor

Dies Natalis ke-52 Hadirkan Menag RI dan Dahlan Iskan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pada Dies Natalis ke-52 kali ini, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang masih terus melakukan beragam pembenahan. Di antaranya adalah program professorship. Yakni mendorong seluruh pejabatnya untuk memiliki gelar guru besar.

“Kami punya kegiatan seluruh pimpinan harus menjadi profesor. Ini sebenarnya sudah dilakukan sejak dua tahun terakhir. Itu sudah kami lakukan dengan afirmasi banyak kegiatan. Karena itu merupakan capaian tertinggi dari seorang dosen di perguruan tinggi,” kata Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr Imam Taufiq MA kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (5/4).

Menurutnya dengan meningkatkan jumlah profesor, turut memberikan afirmasi kepada lembaga UIN Walisongo Semarang. Bukan semata-mata untuk kepentingan pribadi, tapi untuk menambah recognisi kampus dalam menunjukkan kepakaran di bidang keilmuan masing-masing. Saat ini sudah ada sekitar 28 guru besar.

Baca juga:  Pelopori Pengembangan Metaverse Perguruan Tinggi

Kendati begitu, diakuinya, sudah banyak capaian yang diperoleh UIN Walisongo secara terukur. Namun yang perlu ditingkatkan adalah membangun jaringan internasional.

“Makanya kami terus mendorong karya dalam jurnal ilmiah yang terindek di scopus atau webometrics. Bahkan kami membantu para dosen untuk memperoleh gelar profesor,” katanya.

Selain dosen, UIN Walisongo terus mendorong prestasi mahasiswa di kancah nasional maupun internasional. “Besok (hari ini, red) kami memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi intetnasional di bidang taekwondo,” urainya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mewajibkan mahasiswa untuk nyantri, minimal satu tahun. Karena itu jadi kawah candradimuka. Mahasiswa baru harus jadi ma’had. “Ini penting untuk menambah bobot akademik dan religiusitas para mahasiswa,” harapnya.

Baca juga:  Ulyatul Fika Azzahra, Selebgram Art Make Up

Sementara itu, dalam Dies Natalis kali ini, UIN Walisongo menghadirkan Menteri Agama (Menag) RI H Yaqut Cholil Qoumas dan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Sebenarnya rangkaian acara telah digelar sejak Maret 2022, dan resepsinya digelar di Auditorium Kampus III UIN Walisongo Semarang, Rabu (6/4). (ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya