alexametrics

Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Menulismu, Nomor 4 Wajib Dilakukan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Tak hanya berbicara di depan umum, kemampuan menulis juga diperlukan bagi kamu yang ingin lebih sukses. Sayangnya, masih banyak orang yang merasa kemampuan menulisnya jauh dari kata baik. Kamu perlu sekali menerapkan beberapa cara berikut. Simak penjelasan lebih lanjutnya.

  1. Perbanyak Membaca

Mulailah dengan memperbanyak membaca, bisa dengan artikel maupun buku. Semakin banyak tulisan atau buku yang kamu baca, kamu akan semakin kaya kosa kata. Selain itu, pengetahuanmu akan semakin berkembang. Kamu juga dapat memperoleh ilmu tentang tipe-tipe tulisan.

Kamu juga dapat membuat jadwal untuk waktu membacanya. Bisa ketika bangun tidur maupun sebelum tidur.

  1. Buat Rangkuman

Setiap kali kamu selesai membaca, jangan hanya berganti ke bacaan lainnya. Cobalah untuk merangkum bacaanmu menjadi tulisan baru yang lebih singkat versi kamu. Pakailah satu buku agar tulisanmu lebih tertata.

  1. Buatlah Jadwal Rutin
Baca juga:  Serunya Menulis Teks Editorial dengan Teknik 3P

Jadikan menulis sebagai kebiasaanmu. Kamu bisa membuat jadwal harian untuk mentarget dirimu sehingga lebih rajin menulis. Apabila kamu tidak memenuhi target, berikan konsekuensi sehingga kamu lebih terpicu.

  1. Baca Ulang Tulisanmu

Setiap kali kamu selesai menulis, jangan berhenti dan menutup bukumu. Kamu perlu membacanya ulang dan memperbaiki tulisanmu. Kamu juga bisa membaca lagi tulisan lamamu. Barangkali ada beberapa kesalahan yang baru kamu sadari.

  1. Publikasikan Kepada Khalayak Umum

Seusai menulis, cobalah untuk mempublikasikannya di media sosial. Biarkan khalayak umum membaca tulisanmu. Cara ini dapat menjadikanmu lebih semangat menulis dan berkarya. So, tunggu apalagi? Selamat mencoba! (mg10/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya