alexametrics

Prodi Penghayat Kepercayaan Resmi Masuk Kampus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang akhirnya berhasil meresmikan Program S1 Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Rabu (3/11) di Gedung Graha Kebangsaan Untag Bendan. Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Untag ini merupakan satu-satunya prodi baru yang ada di Indonesia saat ini.

Peresmian dilakukan mengingat sudah diturunkannya peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) No.418/E/0/2021 sejak Kamis (23/9).

Rektor Untag Semarang Suparno mengatakan ide untuk membuka prodi tentang penghayat kepercayaan ini berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kami dipilih karena pernah ada suatu peristiwa yang melibatkan kaum penghayat di Semarang dan kami (akademisi Untag) yang ikut menangani,” kata Suparno kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Baca juga:  Kota Semarang Raih Penghargaan Pengarustamaan Gender

Selain itu program studi ini dibuka mengingat banyaknya aliran kepercayaan. Pemerintah juga mengabulkan tentang adanya aliran kepercayaan yang tertuang di Nomor Induk Kependudukan.

“Keberadaan penganut aliran Kepercayaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa saat ini memang mulai mendapat tempat di kalangan masyarakat maupun pemerintah. Bahkan, pemerintah mulai mengizinkan Kepercayaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa dicantumkan dalam kolom kepercayaan pada kartu tanda penduduk (KTP) milik penghayat kepercayaan sejak pertengahan 2018 lalu,” ungkapnya.

Selama ini Untag bekerja sama dengan perkumpulan aliran-aliran penghayat yang ada di Semarang. Selain itu tenaga pendidik dan kurikulum pembelajaran sudah disiapkan dan disetujui oleh Dikti.

Jumlah mahasiswa angkatan pertama tahun ini sebanyak 33 orang berasal berbagai daerah seperti Sumatra Utara, Sulawesi, Jakarta, Lampung, Kebumen, Papua, dan lainnya. (bam/ton)

Baca juga:  Kuatkan Posisi Green Kampus, Buka Prodi Teknik Lingkungan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya