alexametrics

Doktor Ilmu Lingkungan Pertama Lahir di Unika

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unika Soegijapranata telah menyelenggarakan ujian terbuka dengan promovendus Robiyanto secara hibrid di gedung Albertus Unika Soegijapranata.

Rektor Unika Soegijapranata Ferdinandus Hindiarto menjadi pimpinan sidang pada ujian terbuka yang digelar pertama kalinya itu. Sebagai promotor ujian tersebut yaitu Prof Andreas Lako dan ko-promotor Angelina Ika Rahutami. Sebagai penguji eksternal Prof Sudharto P Hadi dan sebagai penguji internal Prof Yohanes Budi Widianarko serta Tukiman Taruno Sayogo.

Robiyanto menyelesaikan studinya dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun 6 bulan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 4,00 atau cumlaude. Ia mengusung judul disertasi “Konstruksi Model Relasi Kepemimpinan Spiritual dengan Perilaku Peduli Lingkungan dan Kinerja Perusahaan”.

Baca juga:  Perkuat Layanan Sekolah Serbadigital

Robiyanto menjelaskan, karya disertasi yang ia susun merupakan upaya memenuhi kebutuhan pemimpin yang menggunakan aspek kemanusiaan serta spritual untuk peduli lingkungan.

“Pergeseran paradigma telah mendorong kebutuhan adanya kepemimpinan yang lebih menyeluruh dan memadukan aspek kemanusiaan seperti aspek fisik, mental dan emosional serta spiritual,” kata Robiyanto kepada Jawa Pos Radar Semarang Selasa (19/10/2021).

Ia berpendapat bahwa kepemimpinan spiritual dapat memahami makna dan tujuan bersama dari para pemimpin dan pengikut-pengikutnya, sehingga dapat menghasilkan komitmen organisasional dan produktivitas. “Sedangkan tujuan studi ini adalah mengkonstruksi model relasi kepemimpinan spiritual dengan perilaku peduli lingkungan dan kinerja perusahaan,” ungkap pria berhobi renang itu. (bam/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya