alexametrics

Pesan Tukang, Tinggal Pencet Aplikasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Mencari tukang untuk memperbaiki rumah atau hal lain, kadang merepotkan. Apalagi bila harus tawar menawar biaya jasa. Tapi di tangan tigas siswa SMP Negeri 1 Semarang, mencari tukang tak lagi repot.

Aisha Raudia Widisamita (kelas 8B), Aisha Syahratussita Musadad (kelas 8B), Dhafin Rafael Bavyan Firdaus (kelas 8H) mampu membuat aplikasi pemesanan tukang secara online. Namanya Tukaku.

Tukaku merupakan aplikasi berbasis android untuk memesan tukang secara online. Aplikasi ini diikutsertakan dalam ajang perlombaan tingkat nasional yang digelar UNICEF Indonesia. Setelah melakukan proses panjang selama kurang lebih satu tahun, mereka berhasil masuk 40 besar mengalahkan 1080 team yang lainnya. Bahkan mereka akan melanjutkan ke babak 10 besar.

Baca juga:  Kerinduan Pentas Dalang Remaja Terobati

Kepala SMPN 1 Semarang Nining Sulistyaningsih mengungkapkan pembelajaran teknologi di sekolah terus dikembangkan, mengingat saat ini anak-anak dituntut lebih dekat dengan dunia digital. “Dengan aplikasi Tukaku, saat ini mereka sudah mendapat reward laptop dari UNICEF. Semoga perjuangan mereka selanjutnya membuahkan hasil,” kata Nining Minggu (19/9).

Aisha Raudia Widisamita mengatakan, ide pembuatan aplikasi berawal dari keresahan mereka dengan kondisi pandemi yang menyebabkan orang-orang banyak kehilangan pekerjaan. Selain itu pembatasan kegiatan juga membuat orang-orang yang membutuhkan jasa tukang mengalami kesulitan. “Banyak yang kesusahan mencari tukang yang bagus, dengan biaya yang pasti,” ungkap Sasa.

Pembuatan aplikasi memerlukan waktu yang sangat panjang. Karena masih dalam kondisi pandemi mereka juga melakukan koordinasi secara virtual melalu zoom. Proses pemikiran ide yang akan dikembangkan, desain ide, dan coding membutuhkan waktu beberapa bulan.

Baca juga:  Belajar Memasak Bersama Chef Hotel

Untuk mendapatkan data tukang timnya bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Menurutnya dengan aplikasi tersebut orang-orang akan mendapatkan tukang yang sesuai dengan kebutuhan. Karena didalam aplikasi sudah terpasang fitur jenis tukang, daftar pemesanan, keluhan, dan alamat tukang. “Jadi pemesan bisa memilih sendiri sesuai keinginan, dan sesuai lokasi pemesan,” tuturnya. (cr5/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya