alexametrics

SMP IT PAPB Terbitkan Majalah dan Buku Baru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Memasuki usia ke-17 tahun, SMP Islam Terpadu PAPB Semarang memperkuat literasi tentang napak tilas perjalanan sekolah dalam bentuk majalah Metamorf dan buku karya alumni. Metamorf sendiri merupakan majalah perdana dari sekolah yang berlokasi di Palebon, Semarang ini.

Pemimpin Redaksi Metamorf Alfiyatur Rohmaniyah mengatakan, majalah tersebut merupakan kado untuk sekolah yang sudah menginjak usia ke-17. “Jadi, ini awalnya, merupakan karya untuk hadiah sekolah yang sudah menginjak usia 17 tahun. Dan merupakan tonggak awal kita lebih mengenalkan sekolah lewat majalah,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (18/2/2021).

Alfi menambahkan, selain artikel terkait napak tilas sekolah, di majalah tersebut juga terdapat ulasan tentang sosok guru dan murid insipratif, resensi buku, cerpen, dan opini multibahasa sebagai daya tarik majalah.

Baca juga:  Arahkan CSR untuk Entaskan Kemiskinan

“Dalam pembuatan majalah Metamorf ini, kita melibatkan tim yang beranggotakan delapan orang dalam realisasinya. Untuk hambatan pasti ada, namun Alhamdulillah bisa teratasi dengan baik,” katanya.

Selain majalah Metamorf, kado lainnya adalah buku baru berjudul SMP IT PAPB dalam Kenangan Alumni. Buku setebal 123 halaman tersebut merupakan tulisan kesan-kesan dari sejumlah alumni pertama sampai sebelas sebagai surprise yang diprakarsai oleh guru Bahasa Jawa, Riya Pramesti.

“Ada 34 alumni yang menuliskan ceritanya tentang SMP IT PAPB ini. Ternyata banyak alumni sini sudah banyak memiliki profesi mulai dari guru, asisten dokter, pengusaha, notaris, PNS, dan masih banyak lagi lainnya,” ungkapnya.

Kepala SMP IT PAPB Ramelan mengapresiasi adanya majalah Metamorf edisi pertama dan buku SMP IT PAPB dalam Kenangan Alumni tersebut. Menurutnya, dengan hadirnya majalah tersebut, mampu menjembatani pikiran-pikiran guru, dan siswa dalam mengekspresikan karya-karyanya.

Baca juga:  Sambut Dies Natalis ke-57, Unnes Luncurkan Rumah Inovasi

“Pada saat yang sama, kita mendapatkan satu hasil karya bagaimana para alumni itu merasakan cintanya kepada sekolah melalui tulisan yang dibukukan. Ini semua terangkum di buku itu yang bisa menjadikan inspirasi bagi adik kelas nantinya,” katanya.

Ramelan pun berkomitmen untuk melanjutkan keberadaan majalah Metamorf ke edisi selanjutnya. Sementara untuk buku, pihaknya mendukung pembuatan genre buku lainnya.  “Harapannya bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi seluruh keluarga besar SMP IT PAPB ini. Dan tentunya kami mendukung semua kegiatan yang positif bagi sekolah ini,” ujarnya. (*/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya