alexametrics

SMKN 7 Fasilitasi Lulusaan Bekerja di Luar Negeri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – SMK Negeri 7 Semarang memfasilitasi lulusan untuk bekerja di luar negeri. Saat ini sudah ada 174 lulusan diberangkatkan ke luar negeri untuk dijadikan Pekerja Migran Indonesia. Mereka akan ditempatkan di berbagai sektor pekerjaan sebagaimana jurusan dan pengalaman.

Empat puluh orang dengan tujuan ke Korea Selatan dan sepuluh orang ke Jerman. Sedangkan yang sudah lebih dulu ada 30 orang ke Jerman, 86 ke Jepang dan 8 ke Malaysia.

“Mereka sudah lebih dulu dididik dan dilatih selama tiga bulan dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang kerja sama dengan kami. Salah satu syaratnya penting bisa bahasa sesuai negara penempatan, untuk yang terakhir pemberangkatannya menunggu Covid-19 berakhir,” kata Kepala SMK Negeri 7 Semarang, Samiran Rabu (27/1/2021).

Baca juga:  Sudah 103 Sekolah di Demak Berstatus Adiwiyata

Samiran mengatakan, lamanya bekerja tergantung kontrak. Mayoritas di Jerman bekerja di sektor perhotelan dan pariwisata. “Ini sudan dijalankan dua tahun terakhir. Konsepnya di awali seleksi siapa saja siswa yang minat ke luar negeri, tapi yang terakhir ini, mereka kami tawarkan ke Korea,”sebutnya.

Dari para alumninya, diakui Samiran, sudah ada yang suskes setelah berkerja di luar negeri. Seperti dialami Kevin Pramudya Utama, alumni asal Semarang, yang pernah menempuh jurusan teknik audio video. Ia juga berpesan bagi para siswanya agar belajar yang sunguh-sunguh agar bisa mengikuti jejak seniornya yang sudah sukses.

“Jadi dia (Kevin) sukses menjadi juara desain di Adobe yang ada di Jepang. Akhirnya direkrut untuk kerja di Adobe, beritanya juga sudah sempat viral,” ujarnya. (jks/zal)

Baca juga:  Ubah Kuota Zonasi, Daerah Perlu Dilibatkan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya