alexametrics

Pilih Ketua Osis dengan E-Voting

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan pemilihan ketua dan sekretaris Osis Madrasah Aliyah (MA) Sholahuddin kemarin. Pemilihan ketua Osis (pilketos) dengan sistem elektronik atau E-Voting tersebut menjadi terobosan menarik di lembaga pendidikan yang berada di Jalan Demung Wetan, Desa Kerangkulon, Kecamatan Wonosalam tersebut.

Dalam pilketos ini, siswa yang memiliki hak suara menggunakan hak pilihnya dengan cara menggunakan fasilitas elektronik. Karena itu, pemilihan tidak lagi berbasis kertas seperti tahun tahun sebelumnya.

Kepala MA Sholahudin, HM Ali Akhmadi menyampaikan, pilketos dengan sistem E-Voting tersebut disambut antusias oleh para siswa siswi. Tercatat ada 445 siswa dan guru yang mempunyai hak pilih. Menurutnya, dalam kontestasi ini diikuti oleh dua pasangan calon (paslon) atau kandidat. Yaitu, pasangan Faisal-Anita (FANI) nomor urut 1 dan pasangan Fitri-Nailis (FINA) nomor urut 2. Masing masing kandidat dari kelas 11 sebagaimana yang dipersyaratkan dalam AD/ART Osis MA Sholahuddin. Dalam perkembangannya, pemilihan ini pada akhirnya dimenangkan oleh pasangan Faisal-Anita (FANI) dengan perolehan 330 suara.

Baca juga:  Sumbangsih Medsos Menjadikan OSIS Eksis di Pemilos

Sedangkan, pasangan Fitri-Nailis (FINA) hanya meraih 91 suara. Sisanya, tidak menggunakan hak pilih karena tidak berangkat ke sekolah.“Proses pemilihan ini menjadi pembelajaran yang baik bagi para siswa, utamanya terkait dengan proses berdemokrasi disekolah,” katanya.

Apalagi, kata dia, penggunaan E-Voting tersebut kali pertama dilakukan sehingga memberikan kesan yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. “Jadi, pemanfaatan tekhnologi terkini dalam pilketos ini sebetulnya bisa menjadi contoh dalam pergelaran pemilihan lainnya. Misalkan untuk pilkades atau pilkada maupun pemilu. Sistem kita rubah. Tidak lagi pakai coblos kertas, tapi pakai sistem elektronik berbasis komputer,” kata dia.
Secara teknis, siswa mengisi kolom ID pemilih dan password yang tersedia dalam sistem yang dibuat dan ditentukan oleh Komisi Pemilihan Osis (KPO). Caranya adalah menekan tombol pilih. Dalam dashboard komputer telah tertera angka jumlah pemilih.

Baca juga:  Kota Semarang Bakal Tambah Sekolah Gratis

Selain itu, tampil grafik terkait angka berapa siswa yang telah menggunakan hak pilihnya serta yang belum menggunakan hak pilih. dalam ssistem E-Voting juga tampak angka persentase suara yang telah masuk. Sebelum memilih, siswa dipersilahkan melihat visi misi paslon yang didalam sistem tersebut juga terdapat gambar paslon. “Tinggal tekan tombol saja. Tidak ribet. Hasil memuaskan. Yang menang dan kalah sama sama legowo,” ujarnya. (hib/bas)OSIS

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya