OSIS SMPN 27 Dilatih Kepemimpinan

238
BELAJAR DI ALAM-Siswa SMPN 27 mendapat pembekalan kepemimpinan dari Kepala SMPN 27 Semarang Umar.
BELAJAR DI ALAM-Siswa SMPN 27 mendapat pembekalan kepemimpinan dari Kepala SMPN 27 Semarang Umar.

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Para siswa pengurus dan calon pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 27 Semarang mendapatkan pelatihan kepemimpinan. Kegiatan berlangsung selama dua hari, 25–26 Oktober 2019 lalu.

Program pelatihan ini diberikan melalui program Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Peserta pelatihan seluruh pengurus OSIS yang berjumlah tak kurang dari 70 siswa. Baik dari siswa kelas tujuh, delapan maupun sembilan. Kegiatan pelatihan ini berlangsung di Desa Wisata Kandri, Semarang.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaaan SMPN 27 Semarang Muslimin memaparkan, materi pelatihan diberikan oleh para mentor khusus, serta dari lingkungan sekolah sendiri. Yakni Kepala Sekolah dan para guru. “Bapak Umar, Kepala Sekolah turut memberikan pengarahan. Bahwa proses belajar tidak hanya materi pelajaran akademik saja. Tetapi juga berlatih berorganisasi dan menjadi pemimpin. Sehingga pengetahuan dan kemampuan siswa–siswi ini akan lebih lengkap dan lebih baik,” paparnya.

Selama mengikuti program LDK, para siswa mendapat berbagai materi seputar berorganisasi, dan menjadi pemimpin. Materi pembekalan lainnya antara lain tentang wawasan kebangsaan, motivasi dan kedisiplinan. “Tujuan utamanya kegiatan ini adalah untuk menambah pemahaman siswa. Bagaimana dalam menjalankan organisasi, bekerja dalam tim, untuk mencapai tujuan yang diharapkan bersama. Selain itu, karena mereka ini menjadi pengurus OSIS, tentu harus bisa menjadi contoh bagi yang lain. Khususnya memiliki karakter yang baik, semangat dan kedisiplinan di lingkungan sekolah,” ungkapnya. (fiq/ton)