alexametrics

Pacu Kreativitas lewat Karya Ilmiah Remaja

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG –  Memperingati Bulan Bahasa pada tanggal 28 Oktober, SMPN 1 Semarang menggelar lomba karya ilmiah. Semua kelas menjadi peserta lomba. Total ada 27 kelas yang menampilkan karya.

Ketua panitia penyelenggara, Dra Tumi Rahayu mengatakan, lomba karya ilmiah sebagai ajang kreativitas siswa. Mereka diberi ruang untuk menciptakan potensi terbaik. Wadah tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan dan presentasi.

“Kegiatan dilakukan setiap tahun, untuk memicu kreativitas dan mengembangkan potensi siswa,” ujarnya

Sebanyak 51 kelompok ikut dilombakan. Lomba diselenggarakan selama dua hari di lapangan utama. Hari pertama untuk pameran dan hari kedua untuk presentasi.

Yayu, sapaan akrabnya menambahkan, juri perlombaan adalah para dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mereka adalah para ahli di bidangnya. Ada 4 juri untuk menguji sejauh mana pemahaman siswa.

Baca juga:  12 Sekolah Swasta di Semarang Sudah Uji Coba PTM, Ini Daftarnya

“Ada Harry Pramono, Pak Alim, Pak Sriyono semuanya mumpuni. Ini menjadi kesempatan untuk membuktikan yang terbaik. Ada juga sesi pertanyaan untuk menguji kemampuan menjawab siswa,” ujarnya.

Salah satu tema yang diusung adalah mengenai lingkungan. Karya Ilmiah salah satu kelompok berjudul Ampas Tebu sebagai Detergen Ramah Lingkungan. Berisi mengenai alternatif ampas tebu sebagai pengganti deterjen konvensional

Humas SMPN 1 Semarang Barat, Dra Takarina Yusnidar menambahkan, lomba tersebut untuk mencari bibit-bibit unggulan. Apalagi kegiatan tersebut sudah berlangsung setiap tahun.

“Kami konsisten mengadakan setiap tahun. Selain sudah tradisi, ini juga sebagai ajang kreativitas. Memicu anak-anak untuk berfikir kritis. Agar anak-anak sudah terbiasa mencari solusi.” jelasnya.

Baca juga:  DPRD Bangka Selatan Terkesan dengan Kemajuan Ponpes Askhabul Kahfi

Tyas, murid kelas 7A mengatakan, tema tahun ini adalah Literasi Jembatan Prestasi. Ia berharap lomba tersebut bisa berguna di kemudian hari. Karya ilmiah yang berguna untuk generasi penerus bangsa. (cr2/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya