alexametrics

PPK, Tingkatkan Kualitas Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang ada di SMPN 8 Semarang menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas siswa. Program ini bertujuan membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045, dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik, guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan.

Kepala SMPN 8 Semarang Sutadi memengatakan, selama ini pihaknya sudah menindaklanjuti program PPK Kementerian Pendidikan. Baik sosialisasi kepada para siswa maupun orang tua. Saat ini tengah berjalan dan dimonitoring prosesnya.

“Selain menjalan PPK, sekolah kami sebelumnya juga sudah ditunjuk sebagai Sekolah Berintegritas. Oleh karena itu, dua program ini digabungkan dengan Sekolah Ramah Anak (SRA). Agar mudah diingat dan konsisten dilaksanakan, kami buat sebagai tagline Sekolah Berirama. Kepanjangan dari Sekolah Berkarakter, Berintegritas dan Ramah Anak,” jelasnya di sela acara Jumat Bersih.

Baca juga:  Jangan Takut Pakai Dana BOS di Masa Pandemi

Realisasi Sekolah Berirama antara lain melalui perubahan penilaian berdasar poin pelanggaran. Menurut Sutadi, penilaian diubah menjadi bentuk disiplin positif yang melibatkan anak. “Contohnya, kalau dulu terlambat upacara diberi poin dan anak disendirikan, sekarang tidak lagi. Kami hargai anak tetap bergabung upacara, namun setelahnya kami ajak ngobrol kenapa terjadi hal itu (terlambat),” jelasnya.

Pada bidang lainnya, lanjut Sutadi, mengefektifkan literasi pojok baca di tiap-tiap kelas. “Tempat pojok baca kami desain khusus. Bagian atas rak buku sedangkan bagian bawah sebagai tempat bank sampah. Isinya sampah – sampah botol plastik yang telah dipipihkan. Kemudian dari semua bank sampah tiap kelas akan dikumpulkan jadi satu untuk dijual,” tandasnya.  (fiq/zal)

Baca juga:  Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa

BENTUK KARAKTER: Sutadi (tengah) memberi pengarahan program Sekolah Berirama bagi para siswa SMPN 8 Semarang. (Taufik Rikhoyadi/Jawa Pos Radar Semarang)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya