Pilketos Sarana Belajar Kepemimpinan

312
CALON OSIS: Wakil kepala sekolah SMPN 41, Hardi (duduk tengah), saat memaparkan Pilketos bersama para calon ketua OSIS. (Ist)
CALON OSIS: Wakil kepala sekolah SMPN 41, Hardi (duduk tengah), saat memaparkan Pilketos bersama para calon ketua OSIS. (Ist)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 41 Semarang menjadikan pelaksanaan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau Pilketos sebagai ajang siswa belajar kepemimpinan.

Pemilihan ketua OSIS masa kepengurusan 2019 – 2020 tersebut berlangsung akhir September 2019 lalu. Diikuti seluruh siswa yang berjumlah 662 orang. Terpilih sebagai ketua OSIS, siswa kelas 8A, Nail Abi Abrar Saputra.

Kepala SMPN 41 Puryadi memaparkan, pemilihan tersebut sebagai sarana belajar langsung menjadi pemimpin. Apa saja visi dan misi seorang pemimpin yang hebat dan mampu menyampaikannya secara gamblang kepada kalayak luas. “Menjadi pemimpin OSIS tentu punya visi misi, dan hal ini harus disampaikan kepada pemilihnya. Ini pelajaran penting menyusun suatu ide dan mempresentasikannya,” ujar Puryadi.

Selain itu, pelajaran dari proses pemilihan ketua OSIS adalah tentang asas umum, jujur dan adil. Dengan menganut asas tersebut akan membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia, cerdas dan terampil. “Hal ini menggambarkan bagaimana proses pemilihan yang sesuai dan mengajak turut berpartisipasi dalam suatu pemilihan,” imbuh Puryadi didampingi Wakil Kepala Sekolah, Hardi dan Bagian Kesiswaan, Ilham Subur Jatmiko.

Menurut Ilham, pemilihan ketua OSIS didahului penjaringan kandidat calon ketua melalui Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK). Pesertanya adalah ketua OSIS lama dan para ketua kelas. Setelah itu, calon ketua diberi kesempatan kampanye di seluruh kelas. Tahapan berikutnya pemungutan suara yang dilaksanakan layaknya proses pemulihan umum.

“Banyak pelajaran yang didapatkan dari Pilketos. Belajar menjadi pemimpin dan menyelenggarakan suatu pemilihan secara langsung,” paparnya. (fiq/zal)