alexametrics

Ekspedisi Indonesia Baru Dimulai dari Tol Kahyangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Jurnalis, Farid Gaban, 61 dan Dandhy Dwi Laksono, 47 akan kembali memulai misinya untuk berkeliling Indonesia dengan sepeda motornya. Mereka akan berkeliling selama setahun penuh ditemani dua jurnalis muda dalam ekspedisi Indonesia baru.

“Start akan kita mulai dari kawasan Dieng, tepatnya di jalan tol kahyangan pada tanggal 1 Juli 2022,” terang Farid Gaban saat dikonfirmasi dalam rangkaian pertemuan sebelum berangkat, Kamis (30/1).

Ia menyebut jika ini adalah perjalanan keliling Indonesia yang kedua kalinya setelah ekpedisi Zamrud Katulistiwa pada tahun 2009. Juga bagi Dandhy Dwi Laksono dalam ekspedisi Indonesia Biru pada tahun 2015 silam.

“Perjalanan kita masih akan sama dengan menggunakan sepeda motor melintasi berbagai daerah yang ada di negeri ini,” katanya.

Bedanya, kali ini dua pengendara itu akan ditemani dua anak muda hasil dari seleksi yang telah dilakukannya selama Empat bulan terakhir. Dua anak muda itu, Yusuf Priambodo, 30 dan Benaya Rizamiyard Harobu, 22.

Baca juga:  Soal Kasus Salah Transfer Indah Harini, Ini Penjelasan Praktisi Hukum

“Mereka yang saya harapkan akan lebih ekplosif dalam menjalankan berbagai tugas saat kita dilapangan,” candanya.

Sama seperti dua ekspedisi sebelumnya, Ekspedisi ini bertujuan untuk mengidentifikasi, merekam masalah, memantik aspirasi dan imajinasi masyarakat tentang Indonesia dan masa depan yang lebih baik.

“Mulai dari merekam potensi keanekaragaman alam dan budaya Indonesia. Serta merangkai simpul-simpul komunitas lokal untuk perubahan,” timpal Benaya R Harobu saat ditanyai dalam sesi wawancara temu komunitas dan awak media itu.

Secara spesifik, Benaya yang saat ini juga menjadi jurnalis di Kota Malang, Jawa Timur itu mengaku bakal mendokumentasikan tentang banyak hal. Mulai dari masalah sosial, ekonomi, politik, seni dan budaya selama ekspedisi ini berlangsung.

Baca juga:  Ini Respons Cepat KPCPEN Menyikapi Kondisi Peningkatan Kasus Covid-19

“Dan kita akan menceritakan dengan sudut pandang kita sesuai dengan fakta yang kita temui dilapangan,” katanya.

Masalah perburuhan, pertanian, nelayan, masyarakat urban menurutnya adalah salah satu dari sekian banyak topik yang nantinya akan dibahas selama ekspedisi berlangsung. Sehingga bisa lebih banyak merekam aktivitas warga di berbagai penjuru tanah air ini.

Tak kalah menarik, Pemuda asal Tuban Jawa Timur, Yusuf Priambodo juga mengaku jika dirinya ingin menerpa ilmu lebih banyak mengenai dunia fotografi. Hanya dengan berkeliling di seluruh penjuru tanah air ini, menurutnya ia akan benar-benar merasakanlebih dekat dengan objek yang akan ditemuinya.

“Basic saya memang di dunia fotografi. Maka, saat saya akan mengenal lebih jauh tentang indonesia, salah satu caranya adalah dengan berkeliling,” ujarnya.

Baca juga:  Sensasi Mengemudi di Tol Kahyangan

Meskipun diakui, jika sampai mengambil keputusan untuk mau ikut dalam ekspedisi ini sangatlah sulit. Menurutnya, hanya orang-orang gila saja yang mau dan rela menghabiskan waktu satu tahun hanya untuk berkeliling Indonesia.

“Tapi itu semua telah berlalu. Dukungan semua orang semakin meyakinkanku untuk lebih jauh melangkah,” katanya.

Diketahui, jika dalam ekspedisi Indonesia baru ini mereka akan berkeliling Indonesia pada 1 Juli 2022 ini. Dan baru akan berkahir pada Juli tahun 2023 mendatang.

Dengan rute yang telah ditentukan, mereka akan singgah di setiap kota. Dimulai dari Kabupaten Wonosobo dan akan berakhir dikota yang sama pada tahun depan. (git/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya