alexametrics

Hari Lanjut Usia Nasional, 220 Lansia Dapat Bantuan Atensi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tasikmalaya – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) 2022 dipusatkan di Kabupaten Tasikmalaya karena Kabupaten Tasikmalaya adalah kabupaten dengan lansia tunggal terbanyak.

Kepala Sentra Antasena Magelang, MK Agung Suhartoyo menyatakan Lansia adalah bagian penting dalam masyarakat. Diantara mereka ada yang telah berjasa bagi negara. Perhatian dan kepedulian kita kepada mereka adalah bentuk perhargaan dan apresiasi.

“Kehadiran kita hari ini semoga menjadi penyemangat mereka, memberikan kebahagiaan dan membuat mereka merasa hidupnya berarti,” tutur Agung.

Kementerian Sosial melalui Sentra Antasena Magelang memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada 220 lansia di Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia 2022.

Baca juga:  Golkar, PPP, dan PAN Bersatu Perangi Politik Identitas

Bantuan yang diberikan masing-masing berupa bantuan paket sembako, nutrisi dan sandang, bantuan aksesibilitas, bantuan perlengkapan rutilahu dan bantuan kewirausahaan.

Mumu, 69, menerima bantuan aksesibilitas berupa alat bantu dengar (ADB).  Mumu selama ini tinggal sebatang kara karena anak-anaknya bekerja merantau jauh darinya. Mumu adalah lansia dengan disabilitas sensorik dimana dirinya memiliki pendengaran yang kurang jelas.

Hal ini membuat komunikasi dalam aktifitas kesehariaannya terganggu, begitupun dengan aktifitas sosialnya, terlebih dirinya selama beberapa tahun ini hidup sendiri. Mumu juga kesulitan untuk mengakses layanan publik yang membutuhkan kejelian pendengaran.

Bantuan ADB yang diberikan Kemensos sangat membantu Mumu menjalani aktifitas sehari-hari dengan normal.Penerima bantuan Atensi lainnya yaitu Sajaah, 80, lansia dengan disabilitas fisik.

Baca juga:  Airlangga: Kemiskinan Ekstrem Ditarget Mendekati Nol Pada 2024

Sajaah tidak bisa berjalan, tidak bisa melakukan aktifitas bantu dirinya secara mandiri. Dirinya sangat bergantung kepada suaminya. Sehari-hari Sajaah hanya bisa duduk dan berbaring.

Bantuan kursi roda yang diterimanya sangat bermanfaat. Dirinya tidak lagi sepenuhnya bergantung kepada suaminya. Sedikit demi sedikit Sajaah mulai dapat melakukan sendiri aktifitas bantu dirinya sehari-hari seperti mengambil makanan dan pakaian serta mobilitas lainnya.

“Saya dan keluarga sangat senang atas bantuan kursi roda dari Kementerian Sosial. Kursi roda ini sangat membantu aktifitas istri saya sehari-hari dan juga meringankan tugas saya. Terima kasih kepada Kementerian Sosial atas bantuan dan kepeduliannya kepada keluarga saya,” kata Suami Sajaah.

Bantuan diserahkan oleh Kepala Sentra Antasena Magelang, MK Agung Suhartoyo dan Camat Sodonghilir. Acara penyerahan bantuan berlangsung meriah di aula kantor desa Sodonghilir, dihadiri oleh Kepala Sentra Antasena Magelang, Camat Sodonghilir, Kepala Desa Sodonghilir, Kapolsek Sodonghilir, Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya. Acara dimeriahkan dengan paduan suara lansia Kecamatan Sodonghilir. Para lansia ini terlihat antusias dan bahagia. (sas/svc/bas)

Baca juga:  Airlangga Hartarto Ungkap Strategi Ekonomi Tetap Tumbuh saat PPKM

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya