alexametrics

Seru! 16 Pembalap MotoGP Ikut Parade Keliling Jakarta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Jakarta – Akhir pekan ini, ajang GP Indonesia berlangsung di Sirkuit Mandalika. Sebelum terbang ke Lombok, sebagian pembalap MotoGP bakal meramaikan parade keliling Jakarta untuk menyapa langsung fans. Mereka juga akan diterima Presiden Joko Widodo.

Beberapa pembalap dipastikan ambil bagian di acara tersebut.

Di antaranya, Marc Marquez (Repsol Honda), Pol Espargaro (Repsol Honda), Johann Zarco (Pramac Ducati), Jack Miller (Ducati), Joan Mir (Suzuki Ecstar), Andrea Dovizioso (Yamaha RNF Team), dan Francesco Bagnaia (Ducati).

”Ini sudah 25 tahun berlalu sejak ajang grand prix kali terakhir berlangsung di Indonesia. Tidak lama lagi, mesin-mesin MotoGP kembali menyala dari Sirkuit Mandalika. Kami tidak sabar menyambut panggung spektakuler GP Indonesia ini,” tulis MotoGP dalam keterangan resmi mereka.

Di antara total 20 pembalap yang ambil bagian dalam parade keliling Jakarta hari ini (16/3), ada 16 pembalap MotoGP. Dua pembalap lainnya adalah pembalap Moto2 dari tim Pertamina Mandalika SAG, yakni Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo. Lalu, dua pembalap lain adalah pembalap Indonesia yang turun di Moto3 bersama Honda Team Asia Mario Suryo Aji dan Veda Ega Pratama yang tampil di ajang Asia Talent Cup.

Baca juga:  Dhea, Korban Pembunuhan di Hotel Bandungan Dikenal Ceria dan Tak Neko-Neko

Beberapa pembalap MotoGP yang sudah dipastikan langsung terbang ke Lombok adalah juara dunia musim lalu Fabio Quartararo dan rekan setimnya di Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan audiensi dengan para pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta. Para pembalap, lanjut Heru, hadir bersama motor yang akan digunakan untuk berlomba.

Setelah pertemuan tersebut, Jokowi bakal melepas para pembalap untuk melakukan iring-iringan menuju Bundaran HI, Jakarta. ”Presiden tidak ikut dalam iring-iringan tersebut,” ujar Heru.

Chief Sporting Officer Dorna Sports Carlos Ezpeleta menyebut kehadiran para pembalap MotoGP di Jakarta sebelum berlomba di Mandalika sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras pemerintah Indonesia dalam menyiapkan MotoGP di Indonesia. Ini merupakan tahun pertama dari 10 tahun kerja sama. ”Karena itu, sebagai rasa hormat kami, para pembalap bertemu dengan Presiden Joko Widodo besok (hari ini, Red),” tutur Ezpeleta.

Baca juga:  Wali Kota Magelang Tetap Ingin Jadi Dokter saat Libur

Sementara itu, animo masyarakat untuk menonton perhelatan MotoGP begitu tinggi. Kemarin (15/3) tiket festival race day yang difasilitasi Pemprov NTB bekerja sama dengan PT Gerbang NTB Emas (PT GNE) habis terjual.

GNE diberi 10 ribu tiket festival yang disiapkan Pemprov NTB. Jumlah itu terbagi menjadi tiga kategori. Tiket day 2 (Sabtu, 19 Maret) dijual 4.000 tiket, day 3 atau race day (Minggu, 20 Maret) 4.500 tiket, dan weekend pass (19–20 Maret) 1.500 tiket. ”Yang race day sudah habis,” terang Manajer Operasional PT GNE Mely Kurnia yang menjadi penanggung jawab penjualan tiket dilansir dari Lombok Post.

Yang tersisa, lanjut dia, hanya tiket hari kedua. Jumlahnya 1.000 tiket. Pada day 2 tersebut, akan digelar kualifikasi guna menentukan pole position para pembalap untuk balapan Minggu. ”Kalau untuk race day hari Minggu dan weekend pass itu sudah habis,” katanya.

Baca juga:  Ngebut di Jalan Tol Bakal Didenda, Berikut Titik Speedcam di Tol Jateng

Tiket festival adalah tiket yang telah mendapat diskon 80 persen. Harganya Rp 110 ribu untuk Sabtu, Rp 160 ribu untuk Minggu, dan Rp 245 ribu untuk weekend. (irr/lyn/mia/ton/c14/c6/fal/jawapos.com)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya