alexametrics

Omicron Masuk Indonesia, Menkes: Tetap Tenang dan Waspada

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan satu kasus Covid-19 Omicron di Indonesia. Pasien adalah pekerja petugas kebersihan di RS Wisma Atlet. Status kesehatannya sampai sejauh ini dipastikan sehat dan tanpa gejala.

“Satu kasus Omicron sehat tanpa gejala,” kata Menkes Budi secara virtual, Kamis (16/12).

Menurutnya, kondisi pasien masih sehat, tidak ada demam, tidak batuk. Ia adalah 1 dari 3 kasus positif PCR dari kalangan petugas kebersihan di RS Wisma Atlet.“Mereka bertiga juga sudah dites PCR kembali,” katanya.

Tiga orang pekerja pembersih di Wisma Atlet tersebut sudah ditangani. Menkes Budi menegaskan agar kabar ini jangan membuat masyarakat panik.

“Pesan saya bagaimana kita menghadapi adanya konfirmasi Omicron pertama di Indonesia tetap tenang dan waspada. Ingat protokol kesehatan harus disipin dijalankan,” tegasnya.

Baca juga:  Pemerintah Indonesia Apresiasi Komitmen Investasi Singapura

Kejadian berawal pada 8 Desember sampel diambil rutin oleh tim dikirim ke Kemenkes. Lalu dilakukan tes Whole Genome Sequencing.

“Kami terima 10 Desember dan kami lihat ada 3 pekerja pembersih di RS Wisma Atlet yang positif Covid-19 pada PCR-nya,” katanya.

Dari 3 kasus itu, 1 di antaranya positif Omicron. Lalu 3 data tersebut dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan uji genome sequencing. (jawapos.com/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya