alexametrics

Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika dengan Motor Bobber Garapan Katros Garage

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebelum meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika di Nusa Tengara Barat (NTB), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal langsung sirkuit tersebut dengan mengendarai motor balap pribadinya.

Dari video yang beredar, Presiden Jokowi membawa helm dengan menggunakan pakaian balap serba hitam menuju ke arah motor yang ditungganginya. Jokowi kemudian menunggangi motor berwarna hijau dengan tulisan RI 1.

Tampak beberapa orang mendampingi Jokowi dengan menggunakan sepeda motor untuk menjajal sirkuit tersebut. Pada kesempatan itu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertanggung jawab untuk memegang bendera start dan finish.

“Saya bagian benderanya yang menstart dan memfiniskan,” ujar Erick dalam akun Instargam miliknya Jumat (12/11/2021).

Baca juga:  Jaringan 5G XL Axiata Siap Sukseskan MotoGP Mandalika

Presiden Jokowi diketahui menggunakan motor Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi bergaya bobber. Modifikasi motor ini digarap Katros Garage.

Sirkuit berstandar internasional tersebut, bisa mulai digelar berbagai event besar seperti World Superbike. Sirkuit Mandalika tercatat atau masuk dalam kalender balap World Superbike (WSBK) 2021. Rencananya, balapan WSBK 2021 digelar Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021.

Sirkuit Mandalika juga masuk dalam kalender sementara MotoGP 2022. Dikutip dari situs resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika itu bakal jadi venue balapan GP Indonesia.

Rencananya balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika akan digelar pada 20 Maret 2022, atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret. Selain masuk dalam kalender sementara, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP.

Baca juga:  Jokowi Beri Sinyal Dukung Ganjar Pranowo

Mengutip dari situs resmi WSBK, Pertamina Mandalika International Street Circuit dirancang sepanjang 4,3 kilometer atau 4.300 meter. Jumlah tikungan di Sirkuit Mandalika mencapai 17, dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri. (jawapos.com/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya