alexametrics

Makna Logo Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Setiap tanggal 28 Oktober, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Penetapan Hari Sumpah Pemuda melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional Yang Bukan Hari Libur.

Sumpah Pemuda merupakan hasil keputusan dari Kongres Pemuda Kedua (27-28 Oktober 1928). Keputusan tersebut menegaskan cita-cita “Tanah Air Indonesia”, “Bangsa Indonesia”, dan “Bahasa Indonesia”.

Berikut merupakan bunyi keputusan Kongres Kedua yang terdapat di Museum Sumpah Pemuda sesuai dengan naskah orisinil:

1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Pada tahun 2021, Hari Sumpah Pemuda dirayakan di umur 93 tahun. Tema dan logo perayaan Hari Sumpah Pemuda selalu berbeda setiap tahunnya. Kementerian Pemuda dan Olahraga resmi meluncurkan logo Hari Sumpah Pemuda ke- 93 Tahun pada Rabu, 28 September 2021 di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Pusat, Jakarta Barat.

Tema yang diangkat pada perayaan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021 yaitu “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”. Sedangkan logonya merupakan hasil dari pemenang dalam sayembara logo Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun.

Logo tersebut memiliki makna yang terkandung yaitu sebagai berikut:

– Angka 93 dibuat menyambung tanpa putus memiliki makna komitmen pemuda dan pemudi Indonesia untuk bersatu mengatasi pandemi Covid-19.
– Warna yang beragam memiliki makna kolaborasi pemuda Indonesia yang beragam dan bersama berkomitmen mewujudkan ekonomi Indonesia tumbuh dengan semangat kewirausahaan pemudan dan pemudi.
– Semangat kepemudaan dibuat dalam bentuk yang tegas. Hal ini mencerminkan jiwa dan semangat kemudaan yang akan terus berkobar untuk Indonesia bangkit.

Hari Sumpah Pemuda menciptakan semangat baru bagi pemuda Indonesia untuk terus bersama memperjuangkan Indonesia agar semakin jaya. Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun. (*/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya