Bawa Kabur Setoran Dibui

327

PEKALONGAN–Terdesak kebutuhan hidup, Zakaria Uslah, 24, kolektor PT Colombus Pekalongan diduga bawa kabur uang setoran kredit konsumennya. Atas perbuatannya, kini pria yang tinggal di Kelurahan Banyu Urip Ageng Gang 4 RT 6 RW 4 Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan dibui di Polres Pekalongan Kota.

Kejadian tersebut bermula saat Desember 2014, tersangka Zakaria melakukan penagihan angsuran yang keempat kepada konsumen Asiyah. Yang kredit barang berupa kursi sofa, harus menyetorkan tagihan sebesar Rp 405.000 dengan menggunakan kuitansi tidak resmi.

Aksinya dilanjutkan pada 26 Januari 2015, dengan kembali menagih salah satu konsumen, yaitu Hj Anyk Rufaidah/ H Akhsan yang ke-3 dari kredit barang berupa TV Plasma 43 Samsung. Dia bisa mendapat uang sebesar Rp 560 ribu, dengan cara menggunakan fotocopy Surat Pernyataan Pembayaran Angsuran tidak resmi pula. Pada waktu bersamaan, turut meminta tagihan angsuran ke-3 kepada konsumen Nurhawi dari barang berupa Speacker Aktif Lawega sebesar Rp 209.000.

Kejadian tersebut dibenarkan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Luthfie Sulistiawan melalui Kabaghumas AKP Dwi Nugraha. Bahwa PT Colombus yang beralamat di Jalan Dr Cipto Nomor 22 Kelurahan Sugih Waras Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan , merupakan perusahan elektronik yang telah melaporkan salah satu karyawannya. “Kami manerima laporan bahwa ada penggelapan tagihan kredit. Dari laporan tersebut, kami segera melakukan tindakan,” terang Dwi.

Laporan tersebut berdasarkan kesaksian kedua karyawan, PT Colombus Pekalongan, yaitu Asep Saefudin, 34, dan Rizki Erza, 20. Yang mana, uang tagihan dari ketiga angsuran tersebut tidak disetorkan ke perusahaan PT Colombus. “Atas kejadian tersebut, PT Colombus mengalami kerugian sebesar Rp1.174.000. Kini tersangka sudah kami amankan sekaligus barang buktinya,” tandas Dwi. (han/ida)