Waspada! Sungai Sambong Darurat Sampah

175
TURUN TANGAN: Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Batang Suyono bersama Forkominda saat bersihkan gorong-gorong yang penuh sampah, di Karangasem Utara Batang. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)
TURUN TANGAN: Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Batang Suyono bersama Forkominda saat bersihkan gorong-gorong yang penuh sampah, di Karangasem Utara Batang. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Wilayah di Kecamatan Batang Kabupaten, terutama di bagian utara, darurat sampah. Gunungan sampah di saluran Sungai Sambong yang tepatnya di Kelurahan Karangasem Utara, jika tidak segera dibersihkan akan berpotensi banjir.

“Sampah di saluran air ini, terutama di bawah jembatan, berpotensi menjadi biangnya banjir di Kota Batang, pasalnya tumpukan sampah menutup dan menyumbat aliran sungai. Bahaya kalau musim penghujan nanti,” seru Bupati Batang Wihaji.

Disesalkan Bupati, selain gunungan sampah di bawah jembatan, juga ada di beberapa titik saluran air sungai, yang berpotensi menyumbat aliran sungai. Maka sebelum musim penghujan, pihaknya bersama komunitas bersih – bersih sampah.

Ditambahkan, selain rajin bersihkan sampah, masyarakat juga harus sadar, bahwa masalah sampah tidak bisa di kerjakan oleh Pemkab saja, harus ada peran keterlibatan masyarakat yang peduli dengan lingkungannya untuk bersama menjaga sungai agar terbebas dari sampah.

“Gerakan ini sebagai inspirasi saja, kedepan saya perintahkan lurah, camat bersama masyarakat secara rutin bersihkan sampah di saluran sungai dan titik – titik penyumbatan,” perintah lisan Wihaji.

Sebab, sudah terbukti selama ini, di wilayah Batang kota utara, terutama Kelurahan Karangasem Utara, Desa Klidang Lor dan Desa Kalipucang menjadi langganan banjir tiap tahun.

“Saya berkeinginan agar sungai di Batang menjadi halaman depan rumah warga, tidak lagi menjadi halaman belakang rumah warga. Karena kalau didepan rumah akan lebih terawat dan terjaga kebersihannya dari pada di belakang rumah,” pinta Wihaji.

Kegiatan bersih – bersih sampah juga di ikuti oleh Wakil Bupati Suyono, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga dan sejumlah kepala OPD serta komunitas peduli lingkungan. (han/bas)