alexametrics

Ingin Tidur Pulas dan Berkualitas? Coba Terapkan 5 Tips Berikut Ini

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Tidur yang cukup merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan agar tubuh sehat dan prima. Selain cukup secara waktu, tidur juga perlu nyenyak dan tenang.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Padahal, jika seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak maka ia akan merasa kelelahan ketika terbangun dari tidur.

Sehingga tidurnya tidak berkualitas. Tapi jangan khawatir, pada artikel ini akan diungkap cara agar dapat tidur dengan nyenyak. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tetapkan Waktu Bangun dan Tidur

Biasakan untuk bangun dan tidur di waktu yang sama. Kamu bisa memulainya perlahan. Apabila hal ini telah berhasil kamu terapkan, kamu akan lebih mudah untuk terlelap dan terbangun di waktu yang sama. Hal ini akan menjadikan tidurmu lebih terkontrol dan berkualitas. Sehingga tubuhmu akan terasa lebih segar.

  1. Kurangin Makan dan Minum Sebelum Tidur
Baca juga:  47 Orang terpapar Omicron, Sebagian Besar Setelah Perjalanan dari Turki

Beberapa jam sebelum tidur jauhi makan dan minum. Beri jeda 1 hingga 2 jam antara makan terakhirmu dengan jam tidurmu. Karena makan sebelum tidur dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan perutmu tidak nyaman sehingga kamu kesulitan untuk tidur.

Tak hanya itu, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Kafein dapat membuat kamu terjaga lebih lama. Sehingga, pastikan kamu tidak mengkonsumsi kafein setidaknya 5 sampai 6 jam sebelum tidur.

  1. Tenangkan Pikiran

Agar tidurmu nyenyak kamu juga perlu menenangkan pikiranmu terlebih dahulu. Setidaknya luangkan waktu sekitar 30 menit untuk melepaskan segara beban pikiranmu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiranmu. Seperti mendengarkan musik yang pelan dan lembut, membaca buku, maupun mandi air hangat terlebih dahulu.

Baca juga:  Puskesmas Kedungmundu Beri Kemudahan Pedagang Dapatkan Vaksin

Selain itu, kamu perlu menjauhkan gadgetmu. Cahaya dari gadget dapat membuatmu terjaga dan sulit untuk tidur. Tentu hal tersebut dapat mengurangi kualitas dari tidurmu sehingga tidak dapat tidur dengan nyenyak.

  1. Siapkan Tempat Tidur Nyaman

Kenyamanan tempat tidur juga perlu kamu perhatikan. Buatlah kamarmu senyaman yang kamu inginkan. Bersihkan kasurmu sebelum kamu menggunakannya. Selain itu kamu bisa menggunakan bantal maupun guling yang paling nyaman. Siapkan juga selimut kesayanganmu. Jangan lupa untuk mengatur suhu ruangan kamarmu. Jangan terlalu panas maupun terlalu dingin. Agar semakin nyaman, kamu bisa menyiapkan aroma terapi untuk menemani tidurmu.

  1. Konsultasi Medis

Apabila kamu masih kesulitan tidur, cobalah untuk konsultasi medis. Dokter akan memberikan saran untuk mengatasi gangguan tidurmu. Sehingga kamu bisa kembali tidur dengan nyenyak. (mg10/bas)

Baca juga:  Belum Vaksin, Nekat Mudik, Langsung Dicusss..

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya