alexametrics

Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Hidup yang Lebih Baik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Kesehatan mental merupakan poin penting yang perlu diperhatikan. Namun terkadang, kita hanya fokus kepada kesehatan fisik hingga mengabaikan kesehatan mental.

Padahal, kesehatan mental tidak kalah penting. Apabila seseorang memiliki mental yang sehat, maka ia akan dengan mudah mengatasi stress, menerapkan hidup produktif, bahkan dapat bermanfaat bagi oranglain dan sekitar.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental kita? Berikut 5 tips untuk menjaga kesehatan mental kamu.

  1. Lepaskan emosi negatif dan atur stress

Munculnya perasaan negatif seperti sedih, marah, maupun kecewa adalah hal yang lumrah terjadi. Kamu justru harus bisa mengakui keberadaan perasaan itu. Apabila kamu tengah merasakan emosi negatif, tidak masalah untuk berhenti sejenak guna meredakan perasaan tersebut. Sehingga kamu tidak berlarut-larut dalam kesedihan atau amarah dan bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. Sebab, emosi yang berlarut dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatanmu mental maupun fisikmu.

Baca juga:  Enam Kecamatan Zero Kasus Covid-19, Kota Semarang Kembali Level 1

Tak hanya itu, kamu juga perlu belajar untuk mengelola stres. Beberapa hal yang bisa diterapkan untuk mengelola stres adalah dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti menonton film, berjalan-jalan, mendengarkan musik, maupun hobi-hobi lainnya. Dengan begitu kamu bisa lebih rileks dan terhindar dari stres yang berkepanjangan.

  1. Terapkan selflove

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menerapkan selflove atau cinta pada diri sendiri. Melalui penerapkan selflove, kamu bisa lebih menghargai diri sendiri. Beberapa contoh yang bisa kamu lakukan adalah seperti me time maupun dengan bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi dalam hidupmu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengatakan hal-hal positif di depan cermin pada dirimu sendiri.

  1. Jalin komunikasi dengan oranglain
Baca juga:  Kodim 0733 Semarang Targetkan 500 Vaksin Booster di MAJT

Manusia sebagai makhluk sosial, komunikasi memang sangat diperlukan. Maka, penting bagi kamu untuk menjalin komunikasi dengan orang lain agar terhindar dari stres. Selain itu, dengan menjalin komunikasi, kamu bisa menyampaikan keluh kesahmu sehingga masalah yang kamu hadapi akan terasa lebih ringan.

  1. Terapkan pola hidup sehat

Poin penting yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah mengenai pola hidup sehat. Melalui penerapkan pola hidup sehat, kesehatan fisikmu akan prima. Ketika tubuhmu segar, kamu dapat lebih mudah untuk berfikir positif. Selain itu, jangan biarkan tubuhmu kelelahan. Istirahatlah yang cukup. Waktu yang diperlukan manusia untuk tidur biasanya berkisar antara 5 sampai 8 jam. Tak hanya itu, diantara penatnya kesibukanmu, jangan lupa untuk rehat walaupun hanya sebentar. Kamu juga bisa melakukan latihan pernapasan agar perasaanmu lebih tenang.

  1. Cari bantuan medis
Baca juga:  Sembilan Orang di Jateng Positif Omicron

Apabila kamu merasa emosi tidak stabil menyerangmu secara berlebihan dan berkepanjangan, jangan sungkan untuk melakukan konsultasi dengan ahlinya. Kamu bisa memperoleh solusi baik terapi maupun obat-obatan. (mg10/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya