alexametrics

Peringati Hari Rabies, Sediakan 1.650 Dosis Vaksin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jateng I bersama Pemkot dan Dinas Pertanian Semarang menyuntikkan 1.650 dosis vaksin rabies secara gratis. Kegiatan itu berlangsung selama 28-29 September memperingati Hari Rabies Sedunia.

Klinik Hewan Dispertan Semarang menerima 150 pasien. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing milik warga dapat didaftarkan untuk vaksin secara online. Lalu datang sesuai jadwal yang diberikan. Suntik vaksin rabies digelar mulai pukul 09.30-14.00 di Klinik Hewan Gayamsari.

“Pokoknya kondisi hewan harus fit dan sehat sebelum divaksin,” ujar Melina, dokter hewan yang bertugas di Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertan Semarang kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Pihaknya mengatakan kuota pendaftar membeludak lebih dari 150 orang. Sekitar 15 pasien sisanya diarahkan untuk datang di hari pelayanan biasa. Saat koran ini tiba, sejumlah kucing dan anjing berlarian menunggu di tempat antrean vaksin. Beberapa yang bersuhu badan tinggi diajak bermain dulu agar kembali normal.

Baca juga:  Bank Jateng Bantu Enam Isotank

Belios, anjing milik Amanda masuk ke ruang vaksin. Dokter mengukur suhu tubuh hewan itu. Ia terus menjulurkan lidahnya dan menunjukkan sikap manja pada tuannya. Setelah dibujuk dan dipeluk pemiliknya, Belios menurut untuk disuntik.

Sang pemilik mengaku mendapat info dari temannya sesama pemelihara anjing. “Belios baru 2 tahun. Ini baru pertama kali disuntik vaksin rabies. Makanya langsung saya bawa ke sini pas tahu infonya,” ungkapnya.

Vaksin rabies rutin diadakan pada Hari Rabies Sedunia dan peringatan hari lainnya. Menurut Melina, vaksin tersebut penting untuk mencegah penyebaran dan penularan rabies terhadap hewan peliharaan. Terlebih Jateng termasuk daerah bebas rabies sejak 1997. “Ini juga harus kami monitor terus, karena kita berbatasan langsung dengan daerah yang belum bebas rabies, seperti Jawa Barat,” tandas Melina.

Baca juga:  Angkasa Pura Gelar Layanan Kesehatan Keliling

Dokter Khoirunnisa Tri Amartani yang juga bertugas di klinik tersebut menyampaikan vaksinasi rabies digelar di sejumlah ruang publik. Sehingga kucing dan anjing liar di pasar juga terbebas dari rabies. Termasuk Pasar Damar, Jatingaleh, dan Gedawang. (taf/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya