alexametrics

Ini Efek Samping yang Dirasakan Nakes Semarang Usai Disuntik Vaksin Moderna

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Indonesia mendapat sekitar delapan juta vaksin Moderna yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). Tak terkecuali di Puskesmas Tlogosari Wetan, Kota Semarang telah menyuntikkan 28 dosis vaksin ketiga alias vaksin booster untuk pegawai dan nakes setempat. Sebanyak 12 nakes di antaranya mengalami efek samping demam setelah divaksin.

Kepala Puskesmas Tlogosari Wetan Veronica mengatakan, vaksin Moderna telah tiba sejak Sabtu lalu. Namun sengaja disuntikan ke pegawai pada Selasa (10/8/2021) kemarin. Ia mengetahui efek samping vaksin Moderna yang cenderung lebih berat dibanding Sinovac.

Maka sebelum hari libur, suntik vaksin dilakukan. Sehingga para pegawai dan nakes dapat beristirahat penuh di hari berikutnya.“Saya pas suntik pakai Sinovac tidak ada efek samping, yang Moderna ini pegel-pegel,” ungkap Veronica kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dikatakan, efek samping demam merupakan hal wajar. Karena tak hanya orang tua yang mengalami hal tersebut. Bayi setelah imunisasi pun seringkali demam setelah disuntik. Meski tidak semuanya demikian.“Efek samping seperti ini wajar. Semuanya tergantung daya tahan tubuh masing-masing,” imbuhnya.

Baca juga:  Taman Tirta Ria Tanjung Emas Semarang Dulu Objek Wisata Favorit, Kini Jadi Tempat Bersandar Kapal

Memang beberapa penelitian medis menyebutkan vaksin Moderna lebih ampuh melawan virus Covid-19. Vaksin ini menghasilkan antibodi terhadap tiga varian garis keturunan virus korona yang diidentifikasi di India, termasuk varian Kappa dan Delta. Sehingga diutamakan untuk nakes yang paling intens berinteraksi dengan pasien. (taf/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya