Rahasia dan Manfaat Sehat di Balik Bawang Merah Untuk Pasien Diabetes

150
JawaPos.com – Diabetes adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses gula darah secara normal sehingga menyebabkan kelebihan glukosa dalam darah. Ada dua jenis diabetes yakni tipe-1 dan diabetes tipe-2.

Biasanya orang yang menderita diabetes akan mengalami sering haus, sering ingin buang air kecil, kelelahan, dan kelaparan hingga penglihatan kabur dalam beberapa kasus. Untuk menstabilkan gula darah, salah satu kuncinya adalah makanan.

Penderita diabetes harus sangat berhati-hati tentang apa yang mereka makan setiap hari dan bahkan setiap jam. Serat memungkinkan pelepasan gula secara lambat dalam aliran darah yang mencegah lonjakan abnormal.

Ada makanan dan minuman tertentu yang dapat ditambahkan dalam menu makanan untuk mengatur kadar gula darah. Bawang merah adalah salah satunya seperti dilansir dari NDTV, Minggu (14/7).

Manfaatkan bawang merah untuk mengontrol kadar gula darah. (Daily Hunt)

Bawang merah dapat dikonsumsi untuk mengatur kadar gula darah. Sebuah tinjauan studi yang baru-baru ini diterbitkan telah mengindikasikan kalau senyawa di dalam bawang merah dapat membantu penderita diabetes. Ulasan itu diterbitkan dalam jurnal Phytopherapy Research. Penelitian menyebutkan konsumsi harian suplemen quercetin di dalam bawang merah dalam dosis 500 mg atau lebih selama delapan minggu, bisa menurunkan kadar glukosa darah pada pasien diabetes.

Yup, efek anti-diabetes dari bawang merah ini berasal dari keberadaan senyawa quercetin dan sulfur di dalamnya.Studi lain yang dilakukan pada tikus menyimpulkan, makanan yang mengandung 5 persen ekstrak bawang merah untuk jangka waktu 28 hari mampu menurunkan kadar glukosa darah puasa.