Catat Resep Belimbing Sayur Untuk Obati 6 Penyakit

34
JawaPos.com – Umumnya, masyarakat sudah kenal akan buah belimbing sayur atau yang akrab disebut belimbing wuluh. Buah ini berwarna hijau dengan ukuran kecil-kecil tumbuh berkelompok di setiap pohonnya. Rasanya terkenal asam sehingga jauh berbeda dengan belimbing besar.

Nama lainnya adalah Averrhoa Bilimbi. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan tumbuh di daerah tropis. Belimbing sayur banyak dibudidayakan secara luas di Indonesia, Malaysia, Filipina, Myanmar, Sri Lanka, Maladewa, India dan Amerika Tengah dan Selatan. Buah ini populer dengan nama berbeda dalam berbagai bahasa. Dari mulai daun, bunga, dan buahnya sering digunakan sebagai obat.

Belimbing wuluh terasa asam karena kandungan asam oksalat yang tinggi. Karena dianggap terlalu asam untuk dimakan mentah, buah bilimbi biasanya digunakan dalam masakan, seperti salad, sup ikan, dan kari.

Jika orang biasanya mengenal belimbing wuluh sebagai campuran dalam sayur, ternyata buah berasa asam ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Belimbing wuluh memiliki kandungan antioksidan dan astringen karena asamnya yang tinggi. Dilansir dari Health Benefits Times, Rabu (29/5), buah belimbing sayur bisa mengobati berbagai penyakit dengan berbagai cara.

Obat Diabetes

Buah belimbing wuluh diketahui bisa menurunkan kadar gula darah. Ada 2 cara mengendalikan kadar gula darah. Pertama, membuat buah belimbing menjadi jus dan meminum airnya. Cara kedua, rebus buah belimbing sayur yang sudah ditumbuk dengan 1 gelas air sampai setengah airnya. Kemudian meminumnya 2 kali sehari.

Belimbing wuluh dipercaya bisa mengendalikan kadar gula darah. (Daily hunt)

Obat Alergi