alexametrics

Hari Pertama Rekrutmen Panwas Kecamatan, Pendaftar 19 Orang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Seleksi penerimaan panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan di Bawaslu Kabupaten Wonosobo telah dibuka. Dalam seminggu ke depan proses pendaftaran akan berlangsung.

Ketua Bawaslu Kabupaten Wonosobo Sumali Ibnu Chamid menjelaskan rekrutmen anggota panwascam dilakukan secara terbuka. Dimulai dari fase pendaftaran, seleksi administrasi, tes tertulis secara online dan uji publik.

“Kita berharap dengan adanya pembukaan pendaftaran ini partisipasi masyarakat untuk bergabung itu besar,” katanya saat ditemui di kantornya, Selasa (21/9).

Bawaslu Kabupaten Wonosobo membutuhkan setidaknya 45 anggota panwascam yang ditempatkan untuk 15 kecamatan. Masing-masing kecamatan diisi tiga orang yang dianggap memiliki kompetensi di wilayah masing-masing. “Kita buka secara luas, tapi tentu dengan tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu,” ujarnya.

Baca juga:  Tanggul Wangan Aji Dibersihkan

Komisioner Bawaslu Divisi SDM dan Organisasi Nasir Salasa menambahkan tahapan pendaftaran ini dibuka mulai Selasa kemarin (21/9) sampai Selasa depan (27/9). “Dan sosialisasi ini sudah kita sampaikan lewat berbagai kanal agar partisipasi pendaftarnya besar,”ungkapnya.

Pada hari pertama, jumlah pendaftar sudah mencapai 19 orang. Ia berharap jumlah ini bisa terus naik sehingga di setiap kecamatan seluruh kuota bisa terpenuhi. “Minimal ada enam pendaftar di setiap kecamatan. Jadi kita melakukan seleksi akan lebih mudah,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap pendaftaran bisa memenuhi kuota 30 persen perempuan.”Kita juga membuka akses bagi kaum disabilitas agar bisa ikut mendaftar,”tandasnya. (git/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya