alexametrics

Sembungan Jadi Unggulan Anugerah Desa Wisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Desa Sembungan, Dieng Wonosobo tengah persiapkan diri dalam lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Desa tersebut akan tonjolkan dua unggulan yang menjadi sasaran desa wisata unggulan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo menjelaskan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan berkunjung ke Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar. Kunjungan itu berkaitan dengan penilaian yang bakal dilakukan dalam Lomba Anugerah Desa Wisata 2022.

“Hari Minggu (3/7) besok ini pak menteri direncanakan akan datang. Ini tengah kita persiapkan untuk acara di sana (Desa Sembungan),” terangnya Jumat (1/7).

Desa Sembungan menjadi salah satu desa dari 50 desa terpilih se-Indonesia. Disparbud dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sembungan akan lebih menampilkan dua hal yang dianggap sebagai unggulan di desa tersebut. Yaitu terkait keindahan alam dan tata kelola sampah yang ramah lingkungan. “Kita punya alam yang bagus meskipun tak menutup kemungkinan di 49 desa yang lain juga punya tawaran yang sama,” katanya.

Baca juga:  DPRD Sepakati Tukar Aset PT Desa Wisata Indonesia

Namun, mengenai pengelolaan sampah ini, menurutnya, akan paling ditonjolkan selama perlombaan berlangsung. Sebab tidak semua tempat pariwisata memiliki tempat pengelolaan yang bagus seperti di Desa Sembungan.

“Jadi untuk persoalan sampah ini sudah tidak bingung karena ada tempat penampungan, yang diolah kembali untuk menjadi berbagai produk baru,” lanjutnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya