alexametrics

Pemkab Wonosobo Permudah Layanan Hukum Berbasis Digital

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Wonosobo akan membuka fasilitas layanan hukum bagi masyarakat. Layanan tersebut untuk membantu masalah kasus perceraian hingga masyarakat tidak mampu.

“Keseriusan ini kita wujudkan dalam bentuk penandatanganan bersama antara Pemkab Wonosobo dan Pengadilan Agama,” terang Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat membuka acara dalam kerjasama tersebut Senin (27/6).

Bupati menyambut baik adanya kesepakatan ini. Sebab hal ini merupakan salah satu inovasi layanan hukum yang cepat, tepat dan memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat, penduduk usia lanjut, penduduk penyandang disabilitas, pemenuhan hak anak dan perempuan pascaperceraian, serta pemberian bantuan hukum bagi masyarakat kurang mampu.

Kepala Pengadilan Agama Wonosobo Subroto menyebutkan, layanan hukum ini akan mencakup beragam jenis kegiatan. Salah satunya menyediakan percepatan layanan hukum kepada masyarakat berbasis digital.

Baca juga:  Optimistis Lolos Verifikasi Partai Baru

“Dan kita sudah akan melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berkaitan dengan perubahan status seseorang setelah terjadinya cerai, baik e-KTP maupun Kartu Keluarga (KK),” katanya.

Sementara dari Dinas PPKB-PPPA akan berkaitan dengan pemenuhan hak anak dan perempuan pascacerai, juga dispensasi kawin. Dinsos Permasdes akan membantu memberikan pelayanan hukum bagi penyandang disabilitas dan kelompok rentan yang berperkara di Pengadilan Agama.

“Dan untuk BKD akan berkaitan dengan perkawinan dan perceraian Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kabupaten Wonosobo, untuk penjaminan nafkah istri dan anak pasca-terjadinya perceraian,” ujarnya.

Kemudian dengan Bagian Hukum untuk melaksanakan penyuluhan hukum bersama hakim Pengadilan Agama, bantuan hukum terhadap masyarakat yang tidak mampu, dan merintis adanya penasehat hukum, khususnya yang terkait dengan masalah rumah tangga. (git/ton)

Baca juga:  Penerbang Balon Udara Siap Diadili

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya