alexametrics

Satu Desa Lima Relawan Bencana Dikukuhkan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo –  Gagasan untuk membentuk 5 relawan di satu desa di Kabupaten Wonosobo akhirnya terealisasi. Hal ini dibuktikan dengan apel yang dihadiri lebih dari 3500 relawan tanggap bencana alam di Alun-alun Wonosobo, Rabu (8/6) pagi.

“Ini adalah bukti dari ide dan gagasan pak bupati untuk membentuk 5 relawan di satu desa. Dan alhamdulillah saat ini bisa terealisasi,” terang Kepala BPBD Kabupaten Wonosobo Bambang Triyono usai gelar pasukan sekaligus pengukuhan relawan tanggap bencana.

Ia menjelaskan pembentukan relawan desa ini dilakukannya sejak Januari 2022. Dimulai dengan melakukan kerja sama dengan 96 komunitas relawan di Wonosobo. Kemudian membuka pendaftaran bagi calon relawan di 265 desa.

Baca juga:  Pabrik Kayu Terbakar, Rugi Rp 40 Juta

“Tentu jika kita bekerja sendiri akan sangat sulit terealisasi. Saya bersyukur dengan teman-teman dari komunitas relawan yang telah terbentu ini untuk mau bekerja bersama-sama,” ujarnya.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengatakan dengan pengukuhan itu, Wonosobo jauh lebih siap saat menghadapi bencana alam. “Kenapa kita katakan siap, sebab melihat militansi yang mereka lakukan itu sungguh luar biasa,” katanya.

Padahal dalam upacara apel pasukan itu tidak ada satupun bantuan yang diberikan kepada anggota relawan. Namun semangatnya untuk mau berkumpul, untuk mau terjun dalam masalah kemanusiaan sungguh besar.

Lebih lanjut disampaikan, mengingat Wonosobo rentan bencana alam serta dihadapkan pada kuantitas sumber daya manusia (SDM) yang minim maka dipandang perlu pembentukan relawan tangguh. Maka, tahun 2022 ini dipastikan semua desa sudah memiliki minimal 5 relawan atau lebih melalui pemetaan wilayah kebencanaan yang jelas.

Baca juga:  PKS Tunggu Penetapan KPU

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah Bergas C Penanggungan menyampaikan, aksi kemanusiaan penting bagi kesejahteraan dan keselamatan masyarakat. BBPD Wonosobo harus memberikan keyakinan agar tercipta ketenangan batin seluruh masyarakat. Juga terbentuk karakter tangguh dan aman dari bencana. (git/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya