alexametrics

Lima Rumah Rusak Diterjang Longsor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Wonosobo Selasa (31/5) menyebabkan longsor. Puluhan longsor terjadi di wilayah Kecamatan Kaliwiro. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun longsor sebabkan kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Bambang Triyono menjelaskan sedikitnya lima rumah milik warga di Kecamatan Kaliwiro rusak terhantam longsor.

“Rata-rata longsor terjadi setelah hujan reda pada sore hingga malam hari. Sebenarnya ada puluhan titik, tapi yang berdampak ke rumah warga itu ada 5 lokasi,” terangnya saat dikonfirmasi Rabu (1/6).

Beberapa desa di wilayah Kaliwiro yang terdampak antara lain Desa Medono, Bendungan, dan Ngadisono. Longsor di Desa Medono paling parah. Sebab longsor hampir terjadi di seluruh dusun dan menimpa beberapa rumah milik warga. “Yang sudah kita assasment itu ada 4 rumah rusak yang terjadi di Dusun Domasan, Desa Medono,” terangnya.

Baca juga:  Kebutuhan Pokok Stabil, Harga Sayuran Lesu

Sementara di Dusun Panto, Desa Bendungan longsor menimpa satu rumah milik warga. Dan di Desa Ngadisono longsor hanya menutup akses jalan menuju ke Dusun Kedung Tumpeng. “Tidak ada korban jiwa dalam longsor yang terjadi kemarin. Hanya saja kerugian sendiri mencapai puluhan juta rupiah,” katanya.

Ditambahkan Bambang, sebagian besar rumah yang mengalami kerusakan itu di bagian belakang. Ada yang mengenai dapur, kamar tidur hingga kandang kambing yang berada di belakan rumah.

“Untuk penanganan sementara kita tutup dengan terpal di tebing-tebing yang berisiko kembali muncul longsor susulan. Sebagian warga yang terdampak juga kita minta untuk sementara bisa tinggal di tempat tetangga atau saudara terdekatnya terlebih dahulu,” katanya.

Baca juga:  Pemkab Sepakat Galian Ilegal Ditutup

Mantan Camat Kalikajar ini juga menambahkan, dalam beberapa hari ke depan hujan dengan intensitas tinggi dimungkinkan masih akan terjadi di beberapa wilayah Wonosobo. Bahkan di beberapa lokasi hujan juga turut di ikuti dengan angin kencang. “Saya meminta pada warga untuk tetap waspada di tengah situasi musim peralihan seperti ini. Apalagi di lokasi yang memang cukup rawan,” tandasnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya