alexametrics

Angin Kencang Terbangkan Atap Warga Kalikajar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Satu rumah milik warga Dusun Ngadisari RT 04 RW 04 Kelurahan Kalikajar, Kecamatan Kalikajar rusak akibat diterjang hujan dan angin kencang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian ditaksir hingga puluhan juta rupiah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo Bambang Triono menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir hujan dengan intensitas tinggi masih terus terjadi di sejumlah wilayah Wonosobo. Terbaru, hujan deras disertai angin kencang itu sebabkan atap rumah milik warga rusak diterjang angin. “Angin kencang itu sebabkan atap rumah milik saudari Titik Dwi Purwati, habis diterjang sehabis hujan turun,” terangnya Minggu (22/5).

Bencana terjadi pada Sabtu (21/5) pukul 13.00 saat hujan deras menerjang wilayah kecamatan kalikajar dan sekitarnya. Sekitar pukul 15.45, Titik mendengar ada suara angin yang cukup keras dan berlangsung lama. “Secara bersamaan, atap rumah milik Titik itu seperti ingin terlepas. Hingga akhirnya dirinya memilih menyelamatkan diri ke tetangga disebelah rumahnya,” terangnya.

Baca juga:  2.499 Pedagang Harus dapat Kios dan Los

Tak berselang lama, atap yang terpasang dari seng di rumahnya mulai terlepas satu persatu. Terbawa angin disertai hujan yang masih terjadi di wilayah tersebut. “Beruntung dari kejadian itu tidak sampai ada korban jiwa. Hanya korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah,” terangnya.

Sementara, hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan longsor di Dusun Pucung RT 02 RW 06, Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung Jumat (20/5) malam. Tebing belakang rumah Eko Purwanto longsor. Hal ini menyebabkan salah satu dari tiga penghuni rumah tertimbun longsor, yaitu Sumardi.

Sumardi berhasil dievakuasi oleh tim relawan gabungan dengan keadaan selamat. Dia mengalami luka ringan pada bagian tangan dan kaki. Kerugian material diperkirakan mencapai Rp 50 juta. “Longsor mengakibatkan rumah rusak pada bagian dapur dan kamar mandi. Volume longsoran panjang 8 meter dsn tinggi 12 meter,” ujar salah satu petugas Yani A. (git/din/ton)

Baca juga:  Gaungkan Program ASN Mengaji 10 Menit Sebelum Kerja

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya