alexametrics

Petugas Gabungan Sterilkan Ternak dan Mobil Pengangkut

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Sejumlah petugas gabungan melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan Sapuran Rabu (17/5). Hal ini dilakukan untuk menyeterilkan lokasi dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sudah masuk wilayah Wonosobo.

“Ini adalah langkah antisipasi yang kita ambil guna mencegah terjadinya penyebaran wabah pada hewan yang akan diperjualbelikan di pasar Sapuran ini,” terang Danramil 08/Sapuran Kapten Inf Sutarto kemarin.

Petugas Kesehatan Hewan Sapuran Suwandi menerangkan, masyarakat tak perlu khawatir dengan munculnya wabah PMK ini. Ia meyakinkan bahwa PMK bisa sembuh asalkan dengan pengobatan dan penanganan yang tepat. “Salah satu caranya adalah dengan memberikan obat dan vitamin kepada hewan ternak sapi, sambil menunggu vaksin PMK yang saat ini sedang diupayakan oleh pemerintah,” katanya

Baca juga:  Romy Arizyanto Kajari Wonosobo

Jika masyarakat menemukan tanda penyakit tersebut pada hewan yang dipeliharanya agar berkoordinasi dengan petugas yang sudah ada. Sampaikan jika ada gejala – gejala serupa seperti sapi tiba – tiba keluar air liur banyak, pincang dan kuku mengelupas, agar segera ditangani. “Intinya jangan panik, misalnya dengan langsung membawanya ke pasar untuk dijual murah. Tentu akan membuat peternak merugi berkali-kali lipat,” katanya.

Manakala ada sapi yang terindikasi terpapar itu, ia menyarankan agar melaporkan pada petugas yang ada. Kemudian memisahkan hewan tersebut dengan yang lainnya dengan cara dikarantina di kandang. “Jika sudah diberi obat dan vitamin hewan tersebut sudah dalam keadaan yang lebih sehat dan terus membaik,” tuturnya. (git/ton)

Baca juga:  Desa Kreo Wonosobo Diproyeksikan Jadi Desa Wisata Atlet

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya