alexametrics

Dua Hewan Terindikasi Tertular PMK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Pemkab Wonosobo langsung lakukan rapat koordinasi bersama Polres Wonosobo untuk penanganan wabah pada hewan ternak Selasa (17/5). Pasalnya pemkab mendeteksi adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak milik warga.

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan mengatakan, sejauh ini berdasarkan uji sampel yang dilakukan di Wonosobo terdapat dua ekor domba yang terindikasi terjangkit PMK. Sehingga segala antisipasi perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah yang lebih luas.

“Namun data tersebut merupakan data dinamis dan masih bisa berubah mengingat uji sampel baru dilakukan pada sebagian kecil hewan ternak di Wonosobo,” ungkap AKBP Eko Novan dalam rapat koordinasi di ruang rapat Polres Wonosobo kemarin.

Baca juga:  Pencuri Spesialis Barang Elektronik Dibekuk, Sudah Satroni 35 Rumah Kosong di Wonosobo

Polres berkolaborasi dengan pemkab dan Kodim 0707 dalam penanganan PMK. Salah satunya adalah dengan pendataan dan aktif memeriksa kesehatan hewan ternak. “Akan dibentuk tim khusus untuk melakukan sosialisai dan pendataan yang langsung turun ke masyarakat melalui babinsa dan bhabinkamtibmas,” lanjutnya.

Eko juga memerintahkan anggota Satlantas untuk aktif melaksanakan patroli dan mengecek mobil-mobil pengangkut hewan ternak. Posko khusus akan dibentuk agar masyarakat bisa aktif melaporkan bila ada ternak yang terindikasi PMK.

Wakapolres Wonosobo Kompol Andi Setiyo Wibowo menambahkan, hewan ternak yang memasuki pasar hewan wajib diperiksa. “Kurang lebih ada 128 ekor sapi, 135 ekor kambing dan 120 ekor domba menjalani pemeriksaan dan screening yang dilakukan oleh Dinas Peternakan,” ungkap Andi.

Baca juga:  Afif-Albar Terus Dibanjiri Dukungan

Selain itu, Dinas Peternakan Wonosobo juga memberikan vitamin serta disinfektan kepada hewan ternak yang ada di pasar hewan Wonolelo. Terhitung 10 ekor sapi telah disuntik vitamin.

Pihaknya berharap agar masyarakat tak panik dalam menghadapi PMK karena penyakit ini tidak berbahaya bagi manusia. Begitu pula bagi para peternak, pihaknya memastikan pemerintah akan menyediakan obat-obatan dan vitamin bagi hewan ternak yang teridentifikasi PMK. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya