alexametrics

Disparbud Wonosobo Siapkan Event Wisata Selama Setahun

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo telah menerbitkan kalender pariwisata baru-baru ini. Kalender ini akan digunakan sebagai panduan tematik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Wonosobo selama satu tahun kedepan.

Kepala Disparbud Wonosobo Agus Wibowo menjelaskan, jenis event yang akan digelar bervariasi. Mulai dari festival balon udara yang telah digelar beberapa hari yang lalu, event paralayang, bedhul kedhaton, Indonesia Climbing fest, hingga Festival Desa Wisata 2022.

Pasalnya, dalam kalender tersebut pihak Disparbud sudah memberi keterangan secara lengkap mengenai festival yang akan digelar selama setahun penuh. Ada 11 rundown festival di tahun ini yang rencananya akan digelar di Wonosobo. “Seluruh festival yang ada itu sudah terjadwal kapan dimulai, di bulan apa akan digelar, dan setiap festival itu berbeda-beda,” terangnya.

Baca juga:  Kebijakan Rapid Test Wisatawan Terlalu Memberatkan

Mantan Direktur PT Tambi itu menyebutkan, seluruh rangkaian festival tersebut akan diserahkan kepada setiap komunitas yang membidanginya. Pihak Disparbud hanya memfasilitasi penyelenggaraan acara tersebut. “Kita beri mereka ruang untuk berekspersi dan ekplorasi tentang local wisdom apa yang menarik untuk dilakukan. Ini penting agar para pelaku wisata bisa lebih kreatif,” katanya.

Kabid Promosi Pariwisata Disparbud, Fatonah menjelaskan, kalender ini telah dibagikan kepada tour guide di beberapa kota/kabupaten. Sehingga mereka yang akan datang ke Wonosobo sudah mengetahui seluruh jadwal dan rangkaian yang telah dibuat itu. “Beberapa sudah ada yang berkomunikasi dan memilih di bulan apa mereka akan datang,” terangnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya