alexametrics

Ratusan Ribu Orang Padati Destinasi Wisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Jumlah kunjungan wisatwan saat musim Lebaran tahun ini mengalami kenaikan signifikan. Hanya dalam seminggu, wisatawan yang masuk ke Wonosobo ditaksir mencapai lebih dari 200.000 orang. Sementara di Temanggung, sekitar 42.000 wisatawan tercatat mengunjungi 18 destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo menjelaskan, sampai Senin (9/5), kondisi tempat pariwisata di Kabupaten Wonosobo masih ramai dikunjungi wisatawan. Kawasan pegunungan Dieng masih menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung.

Disparbud memperkirakan ada 40.000 wisatawan setiap harinya. Jika dihitung sampai kemarin, maka ada lebih dari 200.000 kunjungan wisata yang masuk ke Wonosobo. “Perkiraan itu kita hitung dari jumlah karcis yang terjual dan laporan dari tiap-tiap objek wisata yang ada. Ini masih terus kita rekap,” katanya.

Baca juga:  Pabrik Kayu Dilalap Api

Sementara itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung mencatat adanya ledakan kunjungan wisata di Temanggung pada momentum libur Lebaran tahun ini. Dalam rentang waktu 26 April hingga 8 Mei 2022, tercatat adanya kunjungan 42.000 wisatawan dari 18 destinasi wisata favorit di Kota Tembakau.

Jumlah tertinggi dipegang Wisata Alam Posong dengan total 13.315 pengunjung, disusul Pikatan Water Park dengan 10.770 pengnujung, Pasar Papringan 3.550 pengunjung dan Puncak Botorono 2.898 pengunjung. “Posong saat ini memang masih menjadi primadona wisata. Kalau puncak kunjungan wisata di Temanggung itu tanggal 5 Mei kemarin,” ujar Pengelola Informasi Pariwisata Dinbudpar Temanggung Agus Fitri Atmoko Senin (9/5).

Dengan jumlah kunjungan tersebut, Agus memperkirakan perputaran uang yang terjadi dari sektor pariwisata sekitar Rp 420 juta dengan asumsi hasil penjualan tiket paling rendah Rp 10.000 untuk tiap objek wisata. “Belum dampak multiplayer di luar tiket seperti kuliner, ojek, penyewaan alat dan lain-lain saya rasa bisa lebih besar lagi,” terangnya. (git/nan/ton)

Baca juga:  Sedang Berteduh di Warung, Tiga Petani Tertimbun Longsor

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya