alexametrics

H+3 Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Objek Wisata Dieng Meningkat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Memasuki H+3 lebaran sejumlah jalanan di Wonosobo mulai terpantau padat kendaraan. Bahkan di jalanan menuju kawasan objek wisata Dieng tak sedikit ditemui mobil mogok lantaran tak kuat menanjak.

Kasat Lantas Polres Wonosobo AKP Ragil Irawan mengungkapkan saat ini jumlah kendaraan yang melintas di jalan Wonosobo telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kondisi ini berbeda dengan dua hari sebulmnya dimana kondisi arus lalu lintas masih ramai lancar.

“Memang di lebaran ketiga ini peningkatanya cukup drastis. Karena mulai banyak kita temui kendaraan dengan plat luar daerah yang masuk ke Wonosobo,” terangnya saat ditemui usai melakukan pemantauan langsung arus lalu lintas di sejumlah titik, Rabu (4/5/2022).

Baca juga:  Pantai Ngebum Diserbu, Pengunjung Abaikan Protokol Kesehatan

Kepadatan arus lalu lintas menurutnya bisa dijumpai di sejumlah titik. Mulai dari perempatan pasar Kertek, Jalan Jawar, jalan di tanjakan 15 persen stieng dan jalan masuk objek wisata Dieng.

Bahkan di jalan menuju objek wisata dieng ini masih banyak kendaraan yang tak kuat menanjak saat melewati tanjakan tajam 15 persen menuju Dieng.

“Objek wisata Dieng mulai dipadati wisatawan yang didominasi kendaraan asal luar kota, sehingga banyak yang tidak paham medan menuju Dieng,” ujarnya.

Hingga hari ini lanjut Kasat Lantas, sudah ada beberapa kendaraan yang terpaksa didorong petugas gabungan dari Polres Wonosobo dan Dishub. Pasalnya saat melewati tanjakan 15 persen itu banyak yang mesin mobilnya mati lantaran kendaraan yang padat.

Baca juga:  Senderan Longsor Timpa Rumah

“Kebanyakan kendaraan yang tidak kuat menanjak karena kurang persiapan dan terlambat mengoper ke gigi rendah. Selain itu pengendara dari luar kota juga kurang memahami medan yang menanjak dan cenderung padat dengan jalan sempit,” lanjutnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat yang akan berwisata ke kawasan Dieng untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik, usahakan pengemudi profesional dan matikan AC saat melewati tanjakan serta gunakan hand rem atau rem tangan saat berhenti di tanjakan.

Tak hanya itu, Kasat Lantas meminta kepada masyarakat untuk tidak sungkan bertanya atau meminta bantuan kepada petugas kepolisian maupun Dishub dan TNI apabila mengalami kendala saat berkendara menuju Dieng.

“Jangan sungkan meminta bantuan petugas apabila mengalami kesulitan saat berkendara menuju Dieng dan jangan lupa pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik sebelum berwisata menuju Dieng,” pungkasnya. (git/bas)

Baca juga:  Komitmen Pulihkan Ekonomi Pascapandemi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya