alexametrics

Lebaran Butuh 50 Ton Telur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WONOSOBO – Jumlah kebutuhan daging dan telur di Kabupaten Wonosobo masih cukup tinggi. Namun sayangnya stok yang tersedia dari para peternak masih begitu minim. Akhirnya banyak suplai kebutuhan daging dan telur yang dipasok dari luar kota.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Wonosobo drh Sidik Driyono melaporkan kebutuhan telur ayam perhari di Wonosobo mencapai 30 ton. Saat jelang Lebaran bisa naik menjadi 50 ton.

“Sementara kebutuhan pasar lokal kambing pertahun sekitar 12 ribu ekor. Sedang kebutuhan untuk luar kota mencapai 10 ribu ekor.

Kebutuhan pasar lokal domba 15 ribu ekor pertahun dan permintaan luar daerah mencapai 5 ribu ekor,” ujarnya saat memberikan materi di Bintek diikuti 75 peternak dari Sukoharjo, Kertek dan Sapuran Jumat (22/4).

Baca juga:  Atap Kios Dibawa Angin

Namun ironisnya, banyaknya jumlah kebutuhan itu tidak berbanding lurus dengan jumlah unggas dan kambing di Wonosobo yang masih sedikit. Karena itu, stok telur unggas dan daging kambing sebagian masih didrop dari peternak dari luar daerah.

“Itu tentu peluang yang harus bisa dimanfaatkan oleh para peternak di Wonosobo. Semakin banyak peternak yang sukses mengelola bisnis peternakanya tentu akan berpengaruh bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan petani dan peternak,” ujarnya. (git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya